[RESENSI] Silam: Baskara dan Keluarga Anton yang Aneh

Wayan Diananto | 14 Desember 2018 | 21:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Setelah ayahnya mangkat, Baskara (Zidane) hidup bersama ibunya, Fina (Nova), yang uring-uringan.

Tak tahan selalu dimarahi, Baskara minggat dengan meninggalkan boneka dan surat berisi harapan semoga Fina bahagia tanpanya. Ia kabur ke rumah pamannya, Anton (Surya) yang tinggal bersama istrinya, Ami (Wulan) dan kedua putri mereka, Amel (Richelle Skornicki) dan Lia (Sandrinna Skornicki).

Malam itu, Baskara makan malam dengan keluarga Anton. Ami menghidangkan nasi, ayam bakar, aneka buah, dan kue. Sembari makan, Anton dan Ami mengumumkan kepada anak-anak tahun ini mereka akan berlibur ke Labuan Bajo.

Usai menyampaikan pengumuman, Anton tersedak. Keesokan harinya, mereka makan malam. Saat itulah, Baskara merasa ada yang tak beres dengan keluarga pamannya.

Sejak Danur: I Can See Ghosts dan Pengabdi Setan mencetak box office, produksi film horor melonjak. Kami berpikir apalagi yang bisa ditawarkan oleh horor lokal? Silam menyuguhkan kejutan kecil tak terlupakan.

Konsep perulangan aktivitas di rumah Anton yang murah senyum sangat menarik. Makin bikin deg-degan karena tokoh utama film ini bocah berusia 10 tahun yang menyangga beban berat. Ada tekanan batin, keinginan kabur dari masalah, menemukan sahabat, hingga tidak sengaja melakukan kontak dengan makhluk halus. 

Zidane berhasil menghidupkan peran Baskara. Ekspresinya saat mengobrol dengan makam ayahnya, dimarahi ibu, hingga rautnya tatkala melihat kebahagiaan keluarga Anton membuat kami bersimpati padanya. Ingin rasanya memeluk dan bilang, “Yang sabar ya, Nak.”    

Andai Jose fokus pada perulangan aktivitas di rumah Anton sembari mengalirkan klu demi klu soal apa yang sebenarnya terjadi, Silam berpotensi jadi teror yang menyakitkan bagi penonton.

Sayangnya, ada subplot dan memedi yang mendistraksi. Bukannya menambah efek tegang malah ditertawakan orang. Pertemuan Baskara dengan tetangga baru, Irina (Dania), dan hantu anak kecil, misalnya. Ekspresi si hantu yang tampak kesal karena dicueki Baskara malah merusak suasana. 

Selain itu, penampilan Nenek Irina (Anna Tairas) terlihat aneh. Rambut palsu, riasan, dan bajunya kurang serasi. Solusi untuk mengakhiri konflik pun terasa instan. Cara Fina membatalkan perjanjian dengan setan, kok kayak membatalkan janji ngopi-ngopi cantik di mal bareng gebetan.

Pemain    : Zidane Khalid, Nova Eliza, Surya Saputra, Wulan Guritno, Dania Michelle
Produser    : Manoj Punjabi 
Sutradara    : Jose Poernomo
Penulis        : Lele Leila, Risa Saraswati
Produksi    : MD Pictures
Durasi        : 1 jam, 20 menit


(wyn / gur)
 

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait