[RESENSI FILM] Bumblebee Remaja Kesepian dan Robot Yang Hilang Ingatan

Wayan Diananto | 30 Desember 2018 | 19:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Perang saudara membuat Planet Cyberton hancur. Optimus Prime (Peter Cullen) yang dituduh memberontak terdesak. Ia mengutus B127 (Dylan O'Brien) mencari planet baru, bumi, sebagai tempat perlindungan. B127 terbang ke bumi.

Kehadirannya disambut timah panas oleh militer AS Sektor 7 yang dipimpin Jack Burns (John). Situasi makin kacau saat dua autobot berhasil melacak keberadaan B127 di bumi.

Pertarungan B127 melawan 2 autobot dan militer AS berlangsung tidak seimbang. Robot berwarna kuning ini ambruk dan menjadi rongsokan koleksi Hank (Len Cariou). Suatu hari, seorang gadis bernama Charlie Watson (Hailee) yang berulang tahun meminta mobil bekas warna kuning milik Hank sebagai kado.

Tidak disangka, Charlie berhasil mengaktifkan mesin mobil itu. Dengan aktifnya mesin, keberadaan B127 terlacak dari planet Cyberton. B127 kembali menjadi incaran. Charlie bersama tetangganya, Memo (Jorge), berupaya menyelamatkan robot ini.

Dikeroyok manusia dan dua autobot membuat memori B127 hancur. Kondisi hilang ingatan membuat pertemuan Bumblebee dan Charlie berlangsung emosional. Proses adaptasi tergambar dalam sejumlah adegan konyol, jenaka, sekaligus haru.

Bumblebee menarik karena kedua karakter utamanya berproses. Charlie, gadis yatim yang tinggal bersama ibu dan ayah tiri menyimpan masa lalu yang pahit. Ayahnya mangkat akibat serangan jantung.

Ibunya sibuk bekerja sebagai perawat sementara hubungan Charlie dengan ayah tiri dan adik renggang. Bertemu Bumblebee membuat Charlie bersemangat lagi.

Sementara Bumblebee yang kehilangan memori belajar mengingat, memulihkan diri, dan berkomunikasi lewat lirik lagu. Film ini meramu sejumlah tema dari menyelamatkan dunia, penerimaan diri, keluarga, hingga cinta.

Sineas Travis Knight memperlihatkan bagaimana ikatan batin kedua karakter utama menguat. Ia berhasil mendekatkan penonton dengan kehidupan Charlie. 

Ada banyak momen sederhana yang menyentuh nurani. Dari momen Jack Burns memanggil Bumblebee prajurit sambil memberi hormat hingga (yang bikin mewek) Bumblebee berkomunikasi dengan Charlie menggunakan lirik lagu: jangan lupakan aku. 

Sekali lagi, kedua karakter utama di film ini berproses. Persahabatan mengantar Charlie menemukan keberaniannya yang raib. Persahabatan pula yang membuat Bumblebee memenuhi takdirnya sebagai prajurit. Kentara sekali film ini dibuat dengan hati. Mas Travis, terima kasih telah mengembalikan martabat waralaba Transformers yang hilang selama 10 tahun terakhir. 

Pemain    : Hailee Steinfeld, John Cena, Jorge Lendeborg Jr., John Ortiz, Pamela Adlon
Produser    : Lorenzo di Bonaventura, Tom DeSanto, D. Murphy, Michael Bay, Mark Vahradian
Sutradara    : Travis Knight
Penulis        : Christina Hodson
Produksi    : Paramount Pictures
Durasi        : 1 jam, 54 menit

(wyn / gur)
 

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait