[RESENSI FILM] Mary Poppins Retuns: Nyanyian dan Performa Emily Blunt Sempurna! 

Wayan Diananto | 14 Januari 2019 | 09:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tahun 2018, tahunnya Emily Blunt. Semester pertama tahun lalu, ia mencetak box office lewat A Quiet Place. Lewat film itu, ia diganjar nominasi Pemeran Pendukung Wanita Terbaik Screen Actors Guild (SAG) Awards.

Emily mengakhiri 2018 dengan pencapaian gemilang. Performanya sebagai Mary Poppins diganjar nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik (Musikal atau Komedi) Golden Globes dan Pemeran Utama Wanita Terbaik SAG Awads. Sejumlah kritikus meramal, Marry Poppins akan mengantar Emily meraih nominasi Oscar pertama.

Pertemuan Mary (Emily) dengan ketiga anak Michael Banks (Ben) yakni Anabel (Pixie), John (Nathanael), dan Georgie (Joel Dawson) terjadi suatu siang di taman. Kala itu, layang-layang Georgie putus.

Mary turun dari langit sambil membawa layang-layang Georgie. Ia mengajak anak-anak pulang. Kedatangan Mary membuat Michael terjebak di antara senang dan sedih. Senang karena Mary membantunya mengurus anak-anak. Sepeninggal istri, ia kewalahan membagi waktu untuk karier dan rumah tangga. Sedih karena Michael tak mampu menggaji Mary. 

Setelah istrinya mangkat, Michael lupa membayar pinjaman di bank. Akibatnya, pemilik bank, Wilkins (Colin), mengutus para penagih utang. Mereka memperingatkan jika tidak melunasi utang dalam waktu dekat, rumah keluarga Michael akan disita.

Jilid pertama Mary Poppins dirilis pada 1964. Kala itu, ia meraih 5 Piala Oscar termasuk Pemeran Utama Wanita Terbaik buat Julie Andrews dan Lagu Tema Terbaik, “Chim Chim Cher-ee.” Setelah 54 tahun berlalu, Mary kembali ke layar lebar diiringi banyak pujian. 

Transformasi Emily sebagai Mary bikin pangling. Riasan wajah, kostum, gestur, sorot mata, dan cara berbicaranya meyakinkan. Di film ini, Emily bernyanyi. Suaranya merdu. Gerak tubuhnya sangat energik. Interaksi Mary dengan keluarga Banks sangat natural. 

Kekuatan lain datang dari naskah dan lagu. Benar, akhir film ini terkesan ujug-ujug. Namun deret lagu yang dilantunkan para pemain membuat dongeng Mary terasa hidup. Lagu yang sarat petuah dan dibungkus melodi indah cenderung riang, membuat penonton tidak merasa diceramahi. Dari belasan lagu yang disuguhkan, ada 3 yang menempel di benak kami yakni, “A Cover Is Not the Book,” “Turning Turtle,” dan “The Place Where Lost Things Go”.

Lagu-lagu ini mengajak kita untuk tidak menilai orang dari penampilan, melihat kesialan dari sudut pandang berbeda, serta ketika seseorang pergi, sebenarnya ia tidak 100 persen sirna melainkan hanya berpindah tempat. Kami yakin salah satu dari ketiga lagu ini masuk nominasi Oscar, meski lawannya berat, “Shallow” milik duet maut Bradley Cooper-Lady Gaga (A Star Is Born). Disney memproduksi banyak film lalu. Mary Poppins Returns, yang terbaik pada 2018. 

Pemain    : Emily Blunt, Ben Whishaw, Colin Firth, Pixie Davies, Nathanael Saleh
Produser     : John DeLuca, Rob Marshall, Marc Platt
Sutradara    : Rob Marshall
Penulis        : David Magee
Produksi    : Walt Disney Pictures 
Durasi        : 2 jam, 10 menit

(wyn / gur)
 

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait