[RESENSI FILM] Backtrace: Kami Bertahan Hanya Karena Ryan Guzman Tampan 

Wayan Diananto | 13 Januari 2019 | 16:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Desain poster yang enggak banget dan caci maki kritikus tak menciutkan semangat kami untuk menonton film ini. Selera film orang, kan beda-beda. Siapa tahu Backtrace tidak busuk-busuk amat. Usai menonton, kami lemas dan uring-uringan.

Kesalahan film ini, plot sok rumit namun tidak masuk akal, porsi aksi minim, dan desain produksinya murahan.

Sylvester Stallone dengan porsi terbatas gagal mendongkrak martabat film ini menjadi suguhan aksi kelas B yang seru. Padahal, alur film ini menjanjikan.

Kisahnya bermula saat MacDonald (Matthew), Ike Foster (Sergio), dan John Turby (Swen) berhasil merampok uang senilai 20 juta dolar AS dari Central City Bank.

Ketiganya lalu membagi hasil dengan pihak lain di tempat yang telah disepakati. Pertemuan itu berujung baku tembak. Ike dan John terbunuh. MacDonald mengalami trauma berat dan amnesia.

Tujuh tahun berlalu, kasus yang diusut Agen Sykes (Sylvester) ini membentur jalan buntu. MacDonald akhirnya dipenjara. Suatu hari, ia bertemu napi baru bernama Lucas (Ryan). Kepada MacDonald, Lucas berjanji akan mengeluarkannya dari penjara.

Layaknya sinetron harian, proses pemulihan memori MacDonald terasa mudah saja. Dalam hitungan jam, ia mengingat keping demi keping memori, lalu menyatukannya menjadi ingatan utuh.

Agar proses mengingat tampak berat, MacDonald digambarkan berkali-kali sakit kepala. Sesimpel itu. Alurnya ringkas, namun penulis skenario lupa ada pemain bernama Sylvester Stalone. 

Lebih dari 85 persen film berisi kehebohan akibat raibnya napi dari lapas. Sylvester sibuk berkoordinasi dengan anak buah. Baru di ujung (sekali) film, ia beraksi. Itu pun hanya dar-der-dor dan kurang merangsang karismanya sebagai aktor laga. Kalau hanya tembak-tembakan sambil menyusuri tangga, rasanya tidak harus Sylvester yang memainkan Sykes. 

Banyaknya lubang di plot membuat kami ingin segera keluar dari bioskop. Namun Ryan Guzman yang tampil gondrong terlalu tampan. Akhirnya kami bertahan sampai akhir demi bersilaturahmi dengan Ryan. 

Pemain    : Sylvester Stallone, Matthew Modine, Ryan Guzman, Swen Temmel, Sergio Rizzuto 
Produser    : Randall Emmett, George Furla, Matt Luber, Mark Stewart
Sutradara    : Brian A. Miller 
Penulis        : Mike Maples
Produksi    : Diamond Films, EFO Films
Durasi        : 1 jam, 32 menit

(wyn / gur)
 

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait