[RESENSI FILM] Orang Kaya Baru: Genitnya Skenario Joko Anwar

Wayan Diananto | 2 Februari 2019 | 10:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Orang kaya baru alias OKB biasanya merujuk kepada mereka yang belum lama naik kelas sosial dan ekonomi. Mereka tengah beradaptasi dengan kondisi keuangan yang baru. Ini ditandai dengan cara berbusana maupun perilaku yang kurang elegan kalau tidak mau dibilang norak.

Fenomena tersebut membentuk asumsi: uang tak dapat membeli selera. Joko Anwar memotret fenomena ini lewat naskah genit, sarat kritik sosial, namun tidak menggurui. Apa jadinya naskah OKB di tangan Ody C. Harahap?

Perubahan status sosial dan ekonomi dialami Ibu (Cut Mini) setelah Bapak (Lukman Sardi) mangkat. Beberapa hari setelah pemakaman, ia didatangi seorang pengacara (Verdi Solaiman). Pengacara ini memberi tahu Ibu, suaminya sebenarnya memiliki tabungan 30 miliar rupiah yang bisa dinikmati bersama anak-anak: Duta (Derby Romero), Tika (Raline Shah), dan Dodi (Fatih).

Sejak itu hari-hari Ibu, Duta, Tika, dan Dodi berubah. Mereka lupa, uang 30 miliar itu bisa habis dalam hitungan hari.

Skenario OKB bermula dari khayalan masa kecil Joko. Sutradara Pengabdi Setan ini hidup susah saat kecil. Joko bermimpi andai orang tuanya sebenarnya hanya pura-pura melarat lalu ia ketiban warisan miliaran rupiah.

Berbekal imajinasi ini, Joko mengembangkan skrip yang diwarnai sejumlah adegan gegar budaya. Dari bingung cara duduk di mobil hingga memakai semua perhiasan di rumah karena takut dirampok saat keluar rumah. 

Khayalan Joko disesuaikan dengan kondisi terkini republik ini. Ia memotret fenomena bahwa zaman sekarang, siapa saja bisa jadi berita. Tidak harus terkenal, apalagi berprestasi. Semua kegilaan di film ini bermuara di satu pertanyaan: apakah semua dapat dibeli dengan uang? 

Momen seorang anak makan malam berkawan 2 pembantu menjewer nurani kami. Naskah Joko mengamanatkan sejumlah momen emas yang berpotensi membuat penonton terharu. Sayang, tidak semua momen itu ditangkap, diabadikan, dan disunting dengan rapi. Belum sempat penonton terhanyut, adegan sudah berganti dengan kehebohan lain.

Film ini dimodali pemain dengan akting ciamik. Lukman tampak bijak sekaligus konyol. Cut Mini dan Raline tampil lentur. Terlihat meyakinkan hidup susah tapi ketika kondisi keuangan berubah, mereka juga pantas menjadi orang kaya. OKB menarik namun kurang lancar mengalirkan adegan demi adegan, sehingga transfer emosi kepada penonton beberapa kali tersumbat. 

Pemain    : Raline Shah, Lukman Sardi, Cut Mini, Derby Romero, Fatih Unru, Verdi Solaiman
Produser    : Sukhdev Singh, Wicky V. Olindo 
Sutradara    : Ody C. Harahap
Penulis        : Joko Anwar
Produksi    : Screenplay Films, Legacy Pictures 
Durasi        : 1 jam, 30 menit

(wyn / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait