[RESENSI FILM] The Mule: Harta yang Paling Berharga Adalah Keluarga

Wayan Diananto | 9 Februari 2019 | 13:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - “Oh, Earl. Kamu tidak perlu menjadi kaya untuk berada di keluarga ini,” ucap Mary (Dianne) kepada mantan suaminya, Earl Stone (Clint). Mary dan Earl bertemu di kediaman putri mereka, Irish (Alison).

Earl datang setelah dihubungi cucunya, Ginny (Taissa). Ginny memberi tahu Earl bahwa Mary ditolak pihak rumah sakit. Asalannya, tim dokter sudah tak mampu menangani perkembangan sel kanker di tubuh Mary. Mendengar ucapan mantan istri, Earl tertegun.

Pasangan ini menikah selama 10 tahun. Keduanya lantas bercerai karena kerap berkonflik. Suatu hari, Irish dan Mary menolak kehadiran Earl di pesta pertunangan Ginny.

Sebelum pergi dari acara pesta, seorang tamu memberikan kartu nama. Ia menawari Earl bekerja sebagai pengantar barang dengan gaji besar. Tak dinyana, barang yang diantar adalah narkoba.

Clint dengan reputasi menang 2 Piala Oscar kategori Sutradara Terbaik dikenal terampil menggulirkan cerita secara intens. Berkali-kali ia mengabadikan momen pertengkaran dan ekspresi para pemain sehingga menjadikan The Mule drama keluarga dengan konflik rapat.

Semua gambar yang muncul di layar penting, dari momen Earl menyanyi di dalam mobil, berinteraksi dengan para pekerja seks komersial, hingga keinginannya kembali ke tengah keluarga.

Konsekuensi dari gambar yang detail, alur cerita terasa melambat di pertengahan. Kondisi ini diperburuk dengan beberapa dialog yang menceramahi penonton tentang keluarga adalah yang terpenting—hingga mengingat tanggal penting para anggota keluarga.

Dua elemen ini sisi lemah The Mule yang membuatnya kalah pamor jika dibandingkan dengan mahakarya Clint lainnya seperti Gran Torino (2008) atau Million Dollar Baby (2004).

Pemain    : Clint Eastwood, Dianne Wiest, Taissa Farmiga, Alison Eastwood
Produser    : Dan Friedkin, J. Meier, Tim Moore, Kristina Rivera, Bradley Thomas, C. Eastwood
Sutradara    : Clint Eastwood
Penulis        : Nick Schenk
Produksi    : Warner Bros., Imperative Entertainment
Durasi        : 1 jam, 56 menit

(wyn / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait