Resensi Film KNIVES OUT: Misteri Kematian Penulis Terkenal yang Digarap dengan Baik

Panditio Rayendra Kamis, 28 November 2019 07:00:47
Adegan film Knives Out

TABLOIDBINTANG.COM - Dibintangi aktor dan aktris terkenal dari berbagai generasi, Knives Out menampilkan misteri kematian seorang novelis terkenal dengan apik. Pertanyaan tentang apa yang sesungguhnya terjadi dan bagaimana penyelesaiannya, berhasil membuat film ini terasa menggigit hampir di sepanjang durasinya.

Harlan Thrombey (Christopher Plummer), seorang penulis novel kaya, ditemukan meninggal karena bunuh diri. Namun sepekan setelah kematiannya, polisi melakukan investigasi ulang, kali ini bersama dengan detektif swasta Benoit Blanc (Daniel Craig). Nyaris seluruh anggota keluarga, dalam hal ini anak, cucu dan menantu Harlan, patut dicurigai. 

Harlan mengetahui Richard (Don Johnson), menantunya, berselingkuh dan hendak memberi tahu putrinya, Linda (Jamie Lee Curtis). Harlan juga mengetahui menantunya yang janda, Joni (Toni Collette) diam-diam mengambil uang lebih banyak dari jatahnya, dan berniat menghentikan dana bulanan untuknya. Harlan juga berencana memecat Walt (Michael Shannon), putra bungsunya sebagai direktur di perusahaan percetakan miliknya. Masalah kian pelik tatkala pengacara mengumumkan bahwa Harlan mewariskan seluruh asetnya kepada Marta (Ana de Armas), gadis muda yang merupakan pengasuhnya. Uniknya Marta memiliki 'kelainan', di mana jika ia berbohong pasti akan muntah.

Adegan film Knives Out
Adegan film Knives Out

Apakah Harlan sungguh bunuh diri? Siapa sebenarnya yang menyewa Detektif Blanc untuk menyelidiki penyebab kematian Harlan?

Rian Johnson selaku produser, sutradara dan penulis cerita Knives Out, pandai memberikan bumbu-bumbu yang terus memancing rasa penasaran. Belum selesai satu misteri, muncul masalah lain. Setiap salah satu tokoh diperlihatkan memiliki motif atau cela, tokoh lain pun dibuat demikian, membuat semakin sulit ditebak. Di antara ketegangan itu, Johnson kerap memasukkan dialog atau adegan yang mengundang tawa.

Kehadiran pemain-pemain terkenal menjadi daya tarik tersendiri. Hampir semua karakter memiliki peran penting, dan porsi yang cukup adil. Selain nama-nama senior di atas, masih ada si Captain America, Chris Evans yang tampil sebagai cucu Harlan yang manja, Ransom. Ada pula Jaeden Martell, yang dikenal lewat dua seri film It, sebagai cucu Harlan yang gemar bermain gawai, Jacob. Tak ketinggalan Katherine Langford yang dikenal lewat 13 Reasons Why, sebagai cucu Harlan yang juga aktivis sosial, Meg. Para pemeran cucu ini bermain cukup mantap, mengimbangi para seniornya.

Adegan film Knives Out
Adegan film Knives Out

Di samping cerita dan pemain yang ciamik, set yang digunakan Knives Out juga memanjakan mata. Rumah tinggal keluarga Thrombey dibuat mewah, antik dan memiliki kesan misterius, sesuai dengan atmosfer yang dibangun film berdurasi 130 menit ini. Ilustrasi musik yang digarap Nathan Johnson juga kian memperkuat nuansa tegang dan dramatis dalam Knives Out. Salah satu film yang tak boleh dilewatkan di bioskop.

(ray / ray)

Penulis Panditio Rayendra
Editor Panditio Rayendra
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
loading...
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.