Arya Saloka dan Aldebaran, Untung Rugi Saat Aktor Begitu Identik dengan Perannya

Redaksi Kamis, 18 Pebruari 2021 13:30:15
Arya Saloka dan Aldebaran, Untung Rugi Saat Aktor Begitu Identik dengan Perannya

TABLOIDBINTANG.COM - Sinetron sukses biasanya membuat bintang utamanya begitu identik dengan karakter yang dimainkan, seperti saat ini terjadi pada Arya Saloka dan Aldebaran dalam Ikatan Cinta. Sosok Arya Saloka menjadi sangat identik dengan tokoh Aldebaran. Arya Saloka adalah Aldebaran, dan Aldebaran ya Arya Saloka. 

Di satu sisi ini bukti keberhasilan Arya Saloka menghidupkan sosok Aldebaran. Sulit membayangkan, misalnya, tiba-tiba pemeran Aldebaran diganti, bukan lagi Arya Saloka. Di sisi lain, pemeran dan peran yang begitu identik, tak selalu menguntungan si aktor.

Sejarah sinetron dan film Indonesia mencatat ada begitu banyak aktor/aktris yang begitu identik bahkan seakan menyatu dengan perannya. Si Doel dengan Rano Karno, Fitri dengan Shireen Sungkar, Onky Alexander dengan Boy, sekadar contoh. Karakter yang pernah diperankan seakan terus mengikuti si pemeran. Kadang ini bisa jadi jebakan yang membuat si aktor akan kesulitan mendapatkan peran lain. Sementara sebagai aktor, harus terus berakting dan siap memerankan karakter apapun.

Beberapa aktor terkenal dengan sengaja mencari peran yang sama sekali berbeda agar namanya tak lagi dikaitkan dengan peran sebelumnya. Ini perlu dilakukan agar eksistensinya sebagai aktor terus terjaga, dan berkembang. Tak terus terjebak dengan peran lama yang sudah berlalu, dan tak lagi mendatangkan uang. Banyak juga yang terpaksa atau dengan senang hati menerima peran sejenis. Sukses memerankan istri teraniaya, terus jadi tokoh seperti itu. Berhasil jadi antagonis, tawaran berikutnya ya peran-peran antagonis. 

Tapi yang paling tak enak kalau sukses peran yang dimainkan malah membuat si aktor kesulitan mendapatkan peran baru. Sutradara dan produser ragu mengkasting karena si aktor begitu identik dengan peran sebelumnya. Sementara publik berharap si aktor terus menjadi sosok yang abadi dengan perannya.

Tanpa harus menyebut nama, penonton TV pasti sudah tahu siapa saja bintang sinetron yang dulu begitu sukses dan identik dengan perannya, sekarang malah tak pernah lagi main sinetron. Sementara banyak bintang sinetron yang tetap laris dari dulu sampai sekarang, walau tak pernah jadi idola penonton.

Bagi Arya Saloka tak ada masalah diidentikan dengan Aldebaran selama sinetron Ikatan Cinta masih tayang. Tapi setelah masa tayang Ikatan Cinta berakhir, Arya Saloka harus memulai babak baru dalam karier aktingnya. Mencari peran baru yang mirip atau peran yang sama sekali berbeda, dua-duanya layak dicoba. Jangan sampai peran yang pernah melambungkan namanya malah membuat tersandera. Penyanyi mencari lagu yang cocok, aktor/aktris mencari peran tepat. Hanya dengan peran yang tepat seorang bintang sinetron bisa terus bertahan.


Penulis Redaksi
Editor Redaksi
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.