10 Besar Rating TV: Ikatan Cinta Turun, "Dari Jendela SMP" Ancam "Putri Untuk Pangeran"

Indra Kurniawan | 13 Juli 2021 | 13:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Perubahan strategi SCTV dengan memajukan jam tayang dan menambah durasi tampaknya belum terlalu menunjukkan hasil. Dalam daftar 10 besar rating tv hanya 1 sinetron Dari Jendela SMP yang performa ratingnya naik cukup signifikan.

Tayang di slot early primetime pukul 17.30 WIB, sinetron yang dibintangi Sandrinna Michelle dan Rey Bong duduk di posisi 5 dengan TVR 3,2 dan audience share 16,7 persen. Ini kali pertama Dari Jendela SMP menembus 5 besar dalam kurun 6 bulan terakhir, dengan TVR di atas angka 3 pula. 

Dua sinetron SCTV lainnya, Buku Harian Seorang Istri dan Badai Pasti Berlalu mengalami penurunan dari segi rating. Buku Harian Seorang Istri yang berhadapan langsung dengan Ikatan Cinta menempati peringkat 4 dengan TVR 3,3 dan audience share 12,3 persen.

Sementara itu Badai Pasti Berlalu yang mengudara pukul 21.45 WIB berbarengan dengan Amanah Wali 4 menghuni peringkat 8 dengan TVR 2,3 dan audience share 15,7 persen. Memang hal mustahil bagi Buku Harian Seorang Istri dan Badai Pasti Berlalu bersaing Ikatan Cinta dan Amanah Wali 5 milik RCTI.

Puncak rating masih kokoh ditempati Ikatan Cinta. Mengalami penurunan cukup signifikan dibanding episode sebelumnya yang memecahkan rekor rating dan share, Ikatan Cinta episode Senin (12/7), menghimpun TVR 13,7 dan audience share 49,3 persen. 

Amanah Wali 5 yang di akhir pekan lalu dikalahkan Masterchef Indonesia season 8 kembali ke posisi runner up dengan TVR 5,1 dan audience share 30,6 persen. Sinetron andalan RCTI lainnya, Putri Untuk Pangeran menempati posisi 3. 

Dengan konflik baru antara oma Pangeran dengan ibu Putri, sinetron yang sudah tayang 1 tahun itu meraih TVR 3,8 dengan audience share 17,6 persen. Putri Untuk Pangeran tampaknya harus waspada dengan Dari Jendela SMP yang berpotensi besar menyusul.

Kejutan dibuat tayangan perdana Mega Series Suara Hati Istri: Nur. Menyapa pemirsa berbarengan Dari Jendela SMP, Nur langsung merangsek ke posisi 6 dengan TVR 2,7 dan share 12,2 persen. Menempel ketat di bawahnya, Upin & Ipin Bermula MNCTV. 

Dunia Terbalik yang tayang tengah malam setelah Amanah Wali 5 meraih hasil bagus. Mengisi slot 9, Dunia Terbalik mengantongi TVR 2 dengan share 25,6 persen. Di posisi 10, untuk kali pertama di tahun ini Trans 7 menempatkan satu programnya yaitu The Police. (Ind)

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait