Ikatan Cinta (Akhirnya) Turun Tahta Setelah 14 Bulan Berkuasa

Indra Kurniawan | 23 Desember 2021 | 19:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Empat belas bulan memuncaki daftar rating tv sejak Oktober 2020, sinetron Ikatan Cinta akhirnya harus merelakan singgasananya pada program lain. Adalah siaran langsung Semifinal Leg Pertama Sepak Bola Piala AFF antara Singapura vs Indonesia yang berhasil menggeser Ikatan Cinta.

Ikatan Cinta sejak tayang perdana pada 19 Oktober 2020 menjelma menjadi sinetron terpopuler dalam sejarah persinetronan Indonesia. Rentetan rekor demi rekor berhasil terukir, terakhir memecahkan rekor MURI sebagai sinetron primetime dengan audience share nasional tertinggi. 

Mengejutkan, mengingat Ikatan Cinta bukan diisi artis-artis papan atas yang kerap wara-wiri di layar kaca dan menjadi jaminan rating bagi sinetron. Daftar pemain Ikatan Cinta mayoritas dihuni aktor dan aktris yang bisa dibilang lapis kedua di sinetron. Namun dengan alur yang berbeda dari sinetron kebanyakan, Ikatan Cinta sukses menjaring banyak penonton.

Memuncaki daftar rating sejak 23 Oktober 2020, kini Ikatan Cinta harus merelakan singgasananya digeser Semifinal Piala AFF Suzuki antara Singapura vs Indonesia yang disiarkan langsung di RCTI pukul 19.30 WIB. Mengutip data rating terbaru yang rilis hari ini, Kamis (23/13) sinetron produksi MNC Pictures lengser ke posisi 2 dengan TVR 9,0 dan audience share 44,6 persen. 

Sang pemuncak berhasil menghimpun TVR 9,8 dengan audience share 37,0 persen. Ini untuk kali pertama Ikatan Cinta turun tahta setelah 14 bulan berkuasa. Menariknya, raihan TVR dan share Ikatan Cinta masih tinggi meski ditayangkan pukul 21.30 WIB setelah siaran langsung sepakbola Piala AFF.

Sepengamatan tabloidbintang, belum pernah ada sebelumnya program yang tayang lewat jam 9 malam mendapat rating dan share setinggi Ikatan Cinta. Dengan TVR dan share konsisten, Ikatan Cinta bakal kembali merebut singgasana pada tayangan Kamis (23/12) ini. 

Sementara itu posisi 3 hingga 5 berturut-turut ditempati oleh Dewi Rindu (3,4/11,5), Amanah Wali 5 (3,0/32,0), dan Love Story The Series (2,6/13,3). Terpaksa Menikahi Tuan Muda yang menuai kecaman lantaran syuting di lokasi pengungsian erupsi Gunung Semeru tetap dinanti pemirsa, dengan TVR 2,0 dan audience share 7,2 persen. (Ind)

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait