Rating Ikatan Cinta Semakin Jeblok, Efek Protes Amanda Manopo?

Indra Kurniawan | 27 Maret 2022 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Raihan rating dua episode terakhir yaitu 665 dan 666 menunjukkan sinetron Ikatan Cinta tak lagi bertaji. Walau masih berada di puncak rating, bperforma ratingnya menukik tajam. Kini hanya berjarak 2 angka saja dari peringkat runner up daftar rating tv. 

Ikatan Cinta tak lagi sama dengan 1 tahun lalu. Berbulan-bulan menjadi tontonan primadona semenjak menggeser sinetron Anak Band dari puncak tangga rating televisi pada Oktober 2020, Ikatan  Cinta di 2022 benar-benar lesu. 

Sinetron yang dibintangi Amanda Manopo, Arya Saloka, Glenca Chysara, dan Evan Sanders tak lagi bikin greget dan penasaran dengan plot tak terduga. Konflik yang disajikan kini hambar ibarat tanpa garam.

Berdasarkan data rating tv untuk penayangan Kamis (24/3) Ikatan Cinta mengumpulkan TVR 6,9 dengan audience share 30,1 persen. Keesokan harinya, bukannya membaik, malah turun lagi dengan TVR 6,5 dan audience share 29,4 persen. 

Performa ratingnya terpaut sangat jauh dari rekor tertinggi yang pernah dicapai Ikatan Cinta yaitu TVR 15,8 dengan audience share 56,3 persen. Cerita yang semakin membosankan dan kejenuhan penonton ditengarai menjadi faktor semakin jebloknya rating Ikatan Cinta. 

Apakah ini efek dari protes Amanda Manopo di Twitter? Bisa jadi. Beberapa hari lalu pemeran Andin menumpahkan kekesalan sekaligus kekecewaan atas alur yang ngawur semenjak ganti penulis. Apalagi penulis sekarang disebut Amanda dirahasiakan. Entah tidak siap mental dihujat atau ada alasan lain. 

Akankah Ikatan Cinta balik seperti dulu? Sulit sepertinya. Perubahan alur pun bahkan tak akan mengubah menjadi lebih baik. Penonton sudah punya tontonan alternatif yang ceritanya masih seru dan mengundang penasaran. Bisa jadi suatu saat nanti Ikatan Cinta bernasib sama dengan Putri Untuk Pangeran yang diakhiri setelah rating jeblok. 

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait