[RESENSI FILM] Daya Tarik Tiga Aktor Veteran dalam "Criminal"

Wayan Diananto | 14 Mei 2016 | 01:05 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - “Mereka mempermainkan pikiranku. Mereka pikir aku tidak tahu apa yang akan mereka dapat. Aku tidak tahu apa yang akan terjadi. Tapi ini yang aku tahu, jika kau menyakitiku, aku akan membalas dengan cara yang lebih jahat,” ucap narapidana kelas kakap, Jericho Stewart (Kevin Costner) saat termangu di bibir laut.

Ia teringat apa yang telah dilakukan kepala agen CIA di London, Quaker (Gary Oldman) dan Dr. Frank (Tommy Lee Jones) terhadap otaknya.

Dari jeruji besi, ia dibawa ke laboratorium CIA. Otaknya yang mengidap sindrom lobus frontal ditukar dengan memori otak Bill Pope (Ryan).

Bill tewas dalam baku tembak melawan anak buah Xavier Heimdahl (Jordi Molla). Xavier memburu Bill untuk melacak keberadaan Jan Strook (Michael). Jan anak buah Xavier yang berkhianat dan mencari suaka ke beberapa negara.

Criminal sebagai drama-suspense terasa menjanjikan. Ia memulai cerita dengan kehebohan yang membuat kita bertanya, “Ini, kok kejar-kejaran ada apa, ya?”

Tanpa jeda panjang, masalah lain muncul di kantor intelejen London, laboratorium, begitu seterusnya.

Penjelasan terhadap semua kegilaan ini dilakukan sambil jalan. Artinya, Anda dan kami harus fokus ke layar. 

Agar tak terkesan terlalu maskulin, beberapa momen sentimental lewat adegan pantai dan ranjang muncul dalam format kilas balik, meminjam memori Bill. Romansa ini tak sampai merusak jalinan cerita. Selain cerita, Criminal berpijak pada akting tiga aktor veteran yang memikat. 

Gary konsisten memperlihatkan sisi temperamental. Menyebalkan melihatnya di sini. Kevin mempresentasikan emosi tidak kalah tinggi.

Kelabilan dalam mengenali dirinya yang baru hingga momen ketika ia merasakan emosi yang selama ini tak dikenalinya terasa meyakinkan. Sementara Tommy memilih kalem. Namun, eksistensinya terasa di banyak adegan.

"Criminal" bukan pilihan utama di bioskop saat ini. Namun jika Anda telah menonton AADC2 dan Civil War, lalu bingung mau menonton apa lagi di bioskop, film ini bisa menjadi alternatif! 

Pemain    : Kevin Costner, Gary Oldman, Tommy Lee Jones, Ryan Reynolds, Michael Pitt
Produser    : Chris Bender, J.C. Spink, B. Davidson, Lati Grobman, Mark Gill, Matthew O'toole
Sutradara    : Ariel Vromen
Penulis    : Douglas Cook, David Weisberg
Produksi    : Millennium Films
Durasi        : 1 jam 53 menit

(wyn/gur)

Foto: Millennium Films

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait