[RESENSI] Sully, Pahlawan Super Tanpa Kekuatan Super

Wayan Diananto | 1 Oktober 2016 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - “Saya perlu waktu istirahat sejenak,” ujar Chesley “Sully” Sullenberger (Tom) usai mendengarkan rekaman CVR detik-detik mendaratnya pesawat US Airways 1549 di Sungai Hudson, New York pada 15 Januari 2009. Ia meninggalkan ruang sidang bersama asisten pilot, Jeff Skiles (Aaron). Di lorong ruangan, Sully bertanya, “Apa perasaanmu setelah mendengar rekaman CVR tadi?”

Jeff terdiam l. “Kau mau tahu perasaanku? Aku bangga dengan rekaman itu. Aku bangga kau bertahan menghadapi masa-masa sulit. Kita ini tim,” lanjutnya.

Sully dipandang sebagai pahlawan setelah membuat keputusan kontroversial, mendaratkan pesawat di Sungai Hudson. Sebanyak 155 penumpang termasuk awak kabin selamat. 

Sully di tangan Clint menjadi drama superhero dengan pendekatan yang manusiawi. Dalam beberapa adegan, Sully tampak dikultuskan. Keputusannya untuk terakhir keluar dari pesawat, meminta jumlah penumpang dihitung ulang, serta mengoreksi pernyataan Elizabeth Davis (Anna) di ruang sidang membuatnya beberapa tingkat lebih tinggi dari karakter lain. 

Padahal, tanpa adegan-adegan tersebut posisi Sully sebenarnya sudah superior dibandingkan dengan karakter lain. Kami menghargai keputusan Clint dalam menempatkan si tokoh utama sebagai pahlawan tanpa kekuatan super. Di samping faktor pengembangan karakter, Clint menuturkan kisah dengan pendekatan unik. Ia memulai kisah dari mimpi buruk, disusul tekanan psikologis si tokoh utama setelah insiden mendarat di air itu terjadi.

Inti kisah (menit-menit jelang mendaratnya US Airways 1549 di Sungai Hudson) disajikan dari sudut pandang berbeda. Versi Sully, versi fakta yang sebenarnya terjadi, serta versi Komite Keselamatan Transportasi. Munculnya beberapa versi ini berhasil membuat penonton merasa ikut memiliki kisah ini.

Di akhir film, kita melihat Sully sebenarnya. Struktur muka dan cara berdirinya tidak mirip dengan Tom. Namun, wibawa berikut warna suara yang dipresentasikan peraih dua Oscar itu di sepanjang film mampu membuat kita percaya bahwa pria berambut putih itu Sully, sang pembuat keajaiban. Orang yang membuat 155 penumpang jatuh dari langit dalam selamat. 

Pemain    : Tom Hanks, Aaron Eckhart, Valerie Mahaffey, Delphi Harrington, Anna Gunn
Produser    : Clint Eastwood
Sutradara    : Clint Eastwood
Penulis    : Todd Komarnicki, Chesley Sullenberger, Jeffrey Zaslow
Produksi    : Warner Bros., Village Roadshow Pictures
Durasi        : 1 jam, 36 menit

 

(wyn/gur)

 

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait