10 Film Indonesia Paling Berkilau 2016 (1)

Wayan Diananto | 28 Desember 2016 | 21:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Musim yang cerah bagi film Indonesia. Delapan dari 10 film Indonesia tahun ini meraih penonton di atas satu juta. Fakta lain yang tak kalah mengejutkan, sampai Oktober 2016 jumlah penonton film Indonesia di bioskop menyentuh angka 28 juta. Tahun lalu, hanya 16 juta jiwa. Mengapa pencapaian sebagus ini bisa terjadi? 

Belakangan, banyak rumah produksi menyadari bahwa untuk mendapatkan jutaan penonton, ide segar saja tidak cukup. Harus ada biaya dan strategi promosi yang maksimal. Mereka akhirnya mencari investor dan sponsor supaya bisa memproduksi serta mempromosikan film dengan biaya memadai. Ada pula produser yang berinisiatif bekerja sama dengan produser lain agar dana yang terkumpul membengkak. Ketika dana berlipat, peluang mendapat lebih banyak penonton pun membesar. Proyek Ada Apa Dengan Cinta 2 misalnya, dipayungi 
Miles Films bekerja sama dengan Legacy Pictures dan Tanakhir Films.
    
Kualitas produksi yang cihuy, didukung barisan pemain andal, dan strategi promosi yang di luar kebiasaan membuat sejumlah film panen besar di pasar. Jumlah penonton film Indonesia (Januari hingga Oktober 2016-red) melesat jauh dibandingkan tahun lalu. Corporate Secretary Cinema 21 Catherine Keng menyebut, sampai pertengahan Oktober 2016, film Indonesia mampu mengumpulkan 23,4 juta (khusus di Cinema 21-red). 


    
"Menyenangkan melihat antusiasme masyarakat menonton film Indonesia. Jumlah penonton film Indonesia sampai Oktober 2016, sebanyak 28 juta penonton (di seluruh jaringan bioskop). Dari Cinema 21 saja, 23,4 juta penonton. Tahun lalu, sampai akhir 2015, hanya 16 juta penonton (15,2 juta dari Cinema 21). Untuk market share film Indonesia sampai Oktober 2016, 31 persen. Tahun lalu, hanya 20 persen. Mudah-mudahan, sampai akhir tahun bisa 30 sampai 35 juta penonton dengan market share 35 persen," terang Catherine di Jakarta, pekan lalu.
    
Ia optimistis jumlah penonton dan market share akan terus menanjak. Mengingat, Desember nanti sejumlah film lokal layak antisipasi akan rilis. Misalnya, Bulan Terbelah Di Langit Amerika 2, Surga Yang Dirindukan 2, Headshot, Cek Toko Sebelah, dan film terbaru Raditya Dika, Hangout.     

(wyn/yb)
    

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait