10 Film Indonesia Paling Berkilau 2016 (2)

Wayan Diananto | 28 Desember 2016 | 21:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tahun ini, Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 1 memecahkan rekor jumlah penonton dengan 6,85 juta. Angka sebanyak itu menerbitkan fakta baru. "Jadi, sepuluh film Indonesia terlaris tahun ini menyumbang penonton sebanyak 81 persen dari total jumlah penonton film lokal (dari Januari hingga Oktober 2016-red). Artinya, puluhan film lain yang dirilis tahun ini hanya menyumbang 19 persen penonton," Catherine menukas.

Bukan berarti film yang gagal mencetak box office jelek. Para pekerja film mesti memahami penonton film Indonesia lebih senang dengan cerita yang mempermainkan emosi mereka. Emosi bisa berupa bahagia, takut, atau kesedihan yang mendalam. Itulah yang dibawa pulang penonton lalu dibahas dengan orang-orang di sekitar mereka.

Lantas apakah semua film harus memiliki formula seperti Warkop DKI Reborn? Tidak juga. Tergantung target pasar yang ingin disasar produser. Uang Panai, misalnya. Film dengan bintang lokal Makassar dan bahasa daerah setempat. Semula hanya main di Makassar. Tahukah Anda berapa jumlah penonton Uang Panai hingga saat ini? 521 ribu penonton dan kini menduduki peringkat 11.

Contoh lain, Me Versus Mami. Film ini, kata Catherine, worth of mouth-nya lumayan bagus. Padang, baru saja memiliki bioskop baru. Ndilalah, lokasi syuting Me Versus Mami di Padang. Sampai artikel ini disusun, karya Ody C. Harahap itu masih menguasai dua layar di Padang. Jumlah penontonnya mencapai 381 ribu lebih dan duduk di peringkat 14.

Banyaknya film Indonesia yang meraih 1 juta penonton melahirkan fenomena munculnya “raksasa-raksasa kecil”. Uang Panai, Me Versus Mami, dan The Doll (horor lokal terlaris tahun ini, ditonton 482 ribu orang dan masih beredar di 19 kota-red) buktinya.

Catherine menambahkan, bertahan tidaknya sebuah film di bioskop tergantung apakah film itu difavoritkan penonton atau tidak. Jika film Indonesia terus disambut hangat penonton, bukan tak mungkin market share-nya akan terus menguat seperti pada 2008. Kala itu, market share film Indonesia mencapai 56 persen. "Mudah-mudahan itu terjadi lagi. Jika terjadi, nanti populasi film Barat akan makin tersingkir," pungkas Catherine

Sembari menanti hingga di pengujung tahun, kami mengajak Anda untuk menilik kembali 10 film Indonesia terlaris (Januari hingga Oktober) tahun ini.

  1. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 1 (Falcon Pictures) : 6,858 juta
  2. Ada Ada Dengan Cinta 2 (Miles Films, Legacy Pictures, Tanakhir Films) : 3,665 juta
  3. My Stupid Boss (Falcon Pictures): 3,052 juta
  4. Rudy Habibie (MD Pictures) : 2.010 juta
  5. Koala Kumal (Starvision): 1,863 juta
  6. Comic 8: Casino Kings Part 2 (Falcon Pictures): 1,835 juta
  7. ILY From 38.000 Feet (Screenplay Films): 1,574 juta
  8. London Love Story (Screenplay Films): 1,124 juta
  9. Sabtu Bersama Bapak (Max Pictures) : 639 ribu
  10. Talak 3 (MD Pictures) : 567 ribu

(wyn/yb)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait