RESENSI FILM: Sweet 20, Manusia dan Kesempatan Kedua

Wayan Diananto | 23 Juni 2017 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Mertua perempuan dan menantu perempuan memang kombinasi paling rentan konflik. Apalagi jika keduanya tinggal satu atap. Hal itu dirasakan Fatmawati (Niniek) ketika putranya, Aditya (Lukman) menikahi Salma (Cut). Apa boleh buat. Meski kurang cocok, Salma telah memberi Fatmawati dua cucu yakni Juna (Kevin) dan Luna (Alexa). Suatu hari, Fatmawati berfoto di studio foto Forever Young. Di studio itulah kisah yang sebenarnya dimulai.

Usai berfoto, Fatmawati menjadi “young” betulan. Usianya setengah abad lebih muda. Kerut dan keriputnya memudar. Begitu mendapat kesempatan kedua, Salma mengganti namanya menjadi Mieke. Ia bekerja sebagai pengurus panti jompo. Di panti itu, ia bertemu kakek Hamzah (Slamet). Wajah Mieke mengingatkan Hamzah akan seseorang dari masa lalu.    

Pertama, kita patut mengapresiasi langkah Starvision untuk mengumumkan secara resmi bahwa Sweet 20 adaptasi film Korea Miss Granny (2014). Tidak heran jika Sweet 20 dirilis tanpa disertai isu jiplak-menjliplak. Dan Indonesia, bukan satu-satunya negara yang mengadaptasi secara resmi karya sineas Dong-hyuk Hwang itu.

Dua tahun setelah Miss Granny menggebrak Korea, Jepang membuat Miss Granny dengan judul Sing My Life (karya Ayashii Kanojo). Sementara Miss Granny versi Tiongkok diberi judul 20 Once Again. Tentu saja, Miss Granny versi Indonesia disesuaikan dengan citarasa lokal. Mulai dari nama karakter, pemilihan lagu yang dinyanyikan karakter utama, menu yang dipersoalkan mertua dan menantu, serta elemen sosial budaya lainnya.

Film ini digarap Ody C. Harahap sementara naskahnya ditangani Upi. Sweet 20 adalah proyek potensial yang dikerjakan oleh para ahli di bidangnya. Pemilihan Tatjana sebagai tokoh utama keputusan tepat. Cantik dan tidak terlihat canggung ketika diadu dengan aktor legendaris Slamet Rahardjo. Tatjana mampu mengimbangi polah Slamet dengan luwes. Selain itu, keberanian Tatjana melantun lagu-lagu sepanjang masa seperti “Payung Fantasi” adalah pencapaian yang remarkable. 


Pemain    : Tatjana Saphira, Kevin Julio, Morgan Oey, Lukman Sardi, Cut Mini, Niniek L. Karim, Slamet Rahardjo
Produser    : Chand Parwez Servia, Fiaz Servia
Sutradara    : Ody C. Harahap
Penulis    : Upi
Produksi    : Starvision Plus, CJ Entertainment 
Durasi        : 1 jam 49 menit

 

( wyn / gur )

 

 

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait