The Foreigner: Jackie Chan Berakting, Pierce Brosnan Berkarisma!

Wayan Diananto | 15 Oktober 2017 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Entah apa yang terjadi pada Jackie Chan selama 2 tahun terakhir. Kualitas filmnya hanya sebatas hiburan.

Kentara sekali Jackie menjadikan film sebagai medium bersenang-senang, tidak lebih. Puncak kelelahan kami mengikuti polahnya terjadi pada semester pertama tahun ini, lewat Kung Fu Yoga.

Karenanya, saat menonton The Foreigner, kami menempatkan ekspektasi di level tiarap. The Foreigner mempertemukan Si Pendekar Mabuk dengan mantan agen 007.

Drama penumpasan teroris ini terkesan megah. Alurnya bermula dari kisah simpel saat Quan (Jackie) mengantar putrinya Fan (Katie) ke sebuah butik gaun.

Beberapa menit kemudian, cerita merumit. Butik itu meledak, menewaskan Fan. Quan terbakar amarah. Ia telah kehilangan istri dan anak dalam di masa perang Vietnam. Kini, satu-satunya putri yang tersisa terenggut juga. Quan menilai, Perdana Menteri Inggris Liam Hennessy (Pierce) bertanggung jawab atas serangan itu.

Kecurigaan Quan bukan tanpa alasan. Teror di butik itu didalangi organisasi Authentic IDU. Tiga puluh tahun silam, Liam aktif di jaringan itu.

Masalahnya, karier politik Liam sendiri tengah disorot. Ada perjanjian damai antarnegara yang mempertaruhkan namanya. Di sisi lain, hubungan Liam dengan istri, Mary (Orla) memburuk. Liam selingkuh dengan Maggie (Charlie). Belakangan, Maggie diketahui bernama asli Sara McKay.

The Foreigner tergarap serius. Seserius akting Jackie. Salah satu ikon seni Asia ini sukses mempresentasikan kesedihan yang berubah warna menjadi amarah. Ada momen ketika ia didatangi dua aparat kepolisian. Kamera menyorot wajah Jackie secara utuh dan matanya secara alami meneteskan air mata. Jarang, kami melihat Jackie berakting sedalam itu.

Ekspresinya di beberapa adegan, khususnya saat melancarkan aksi pembalasan membuat kami yakin, mengapa hal-hal gila itu patut dilakukan. Di sisi lain, Pierce memperlihatkan wibawa sebagai politisi. Usianya tak lagi muda. Namun, kami maklum jika perempuan masih tertarik padanya. Wajah dingin, flamboyan dalam kemasan necis, wibawa, dan reputasi menyatu dalam penampilan Pierce kali ini. The Foireigner akhirnya menjadi suguhan mengasyikan.

Namun di beberapa elemen, film ini terasa klise. Mengingat, Jackie dan balas dendam sebenarnya bukan tema baru. Terlebih untuk kesekian kali ia kembali ditempatkan sebagai manusia super yang bisa berbuat apa saja. Jika ditilik lebih jauh, nama lengkap Quan, kok kurang Tionghoa, ya? Salah pilih nama atau penulis lupa memberi latar yang lebih detail untuk jagoan kita?

 

Pemain    : Jackie Chan, Pierce Brosnan, Katie Leung, Orla Brady, Charlie Murphy
Produser    : Wayne M. Godfrey, D. Scott Lumpkin, J. Marshall, A. M. Sarkissian, Jackie Chan
Sutradara    : Martin Campbell
Penulis        : David Marconi
Produksi    : STX Entertainment, SR Media
Durasi        : 1 jam 54 menit

 

(wyn / gur)

 

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait