Mata Batin: Kombinasi Denny Sumargo - Jessica Mila, Boleh Juga

Wayan Diananto | 10 Desember 2017 | 05:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kesuksesan The Doll 2 dengan 1,2 juta penonton membuat Hitmaker Studios makin percaya diri melahirkan karya baru. Mata Batin mengedepankan kombinasi unik Denny Sumargo-Jessica Mila. Selain konfigurasi pemain, adakah yang baru dari Mata Batin?

Kisah Mata Batin dimulai ketika Alia (Jessica) yang merintis karier di Bangkok, Thailand, menerima kabar duka. Orang tuanya tewas akibat kecelakaan. Bersama pacar, Davin (Denny), Alia balik ke Indonesia untuk menemui adiknya, Abel (Bianca). Pihak perusahaan tempat ayah Alia bekerja, meminta Alia segera mengosongkan rumah dinas.

Alia mengajak adiknya pulang ke rumah orang tua mereka yang sudah lama tidak ditempati. Abel menolak. Alasannya, rumah itu tak wajar. Benar saja. Belum genap sepekan menetap di rumah itu, Abel diganggu makhluk halus. Alia dan Abel kemudian mengunjungi paranormal Bu Windu (Citra). Alia yang tidak percaya dunia lain menantang Bu Windu untuk membuka mata batinnya. Ia ingin melihat apa yang dilihat Abel.

Mata Batin bekerja di bawah bayang-bayang The Doll 2. Adegan pembuka film ini mengingatkan kami pada cara The Doll 2 menyapa penonton. Adegan itu digarap intens, dilapisi teror bertekanan tinggi, lalu dibiarkan mengambang. Setelah itu, cerita berpindah ke babak lain yang nantinya berhubungan dengan teror di awal film.

Ada satu lagi elemen yang membuat The Doll 2 dan Mata Batin tampak setipe. Tidak akan kami bocorkan, karena ini terkait erat dengan konflik utama. Hal lain yang mengganggu kami saat menonton, ilustrasi musik yang terlalu bombastis. Padahal, adegan yang sedang bergulir biasa saja. Bukan berarti Mata Batin menjadi horor yang mudah ditebak.

Rocky, lewat film ini, masih memperlihatkan kelihaiannya dalam mengelola cerita dan menempatkan elemen kejut. Momen Alia kali pertama melihat makhluk gaib diperagakan Jessica dengan cukup apik. Ekspresinya saat menyadari keberadaan makhluk halus, ketakutannya di toilet dan area parkir rumah sakit membuat kami ikut deg-degan.

Yang tak kalah ciamik akting aktris pendatang baru Bianca Hello. Ia mampu mengimbangi performa kedua seniornya. Trauma diterjemahkan Bianca dengan enggan membuka diri, irit bicara, dan ragu bertatap muka. Sementara Denny di awal film tampak tidak penting. Jika Anda terbiasa menonton horor ala Hitmaker, justru karakter seperti ini patut diwaspadai atau ujug-ujug menjadi penting saat cerita sampai di ujung.

Pemain    : Jessica Mila, Denny Sumargo, Bianca Hello, Citra Prima, Epy Kusnandar
Produser    : Rocky Soraya
Sutradara    : Rocky Soraya
Penulis    : Riheam Junianti, Fajar Umbara 
Produksi    : Hitmaker Studios, 
Durasi        : 1 jam 47 menit

(wyn / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait