5 Lagu Soundtrack Dilan 1990 Paling Mencuri Perhatian

Andira Putri | 7 Februari 2018 | 18:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Film Dilan 1990 mencuri perhatian publik. Banyak orang ikut terpikat kisah cinta unik antara Dilan (Iqbaal Ramadhan) dan Milea (Vanesha Prescilla) dalam SMA di Bandung pada 1990.

Cerita Dilan dan Milea bertambah manis berkat kehadiran soundtrack yang pas. Soundtrack Dilan 1990 tergolong berbeda dari film remaja lain. Melodinya sederhana dan nuansanya tidak megah.

Dari sekian banyak, ada lima lagu dalam Dilan 1990 yang paling mencuri perhatian. Apa saja?

1. "Dulu Kita Masih Remaja" - The Panasdalam Bank

"Dulu Kita Masih Remaja" merupakan lagu dari The Panasdalam Bank. Band ini menampilkan penulis novel sekaligus sutradara Dilan 1990, yaitu Pidi Baiq sebagai salah satu anggotanya.

"Dulu Kita Masih Remaja" menjadi lagu pembuka Dilan 1990. Pertemuan pertama Dilan dan Milea memakai iringan lagu ini. Dulu "Kita Masih Remaja" bercerita tentang kenangan Milea terhadap sosok Dilan. Lagu ini terasa romantis dengan iringan piano. 

2. "Rindu Sendiri" - Iqbaal Ramadhan

"Rindu Sendiri" adalah satu-satunya soundtrack Dilan 1990 yang tidak digarap The Panasdalam Bank. Lagu ini dinyanyikan langsung oleh sang pemeran utama, yaitu Iqbaal Ramadhan.

"Rindu Sendiri" terdengar saat credit title Dilan 1990 mulai bergulir. Lagu yang didominasi gitar akustik ini menggambarkan perasaan cinta Dilan kepada Milea.

3. "Kemudian Ini" - The Panasdalam Bank

Kemudian Ini memiliki tema berbeda dengan lagu-lagu sebelumnya. Nuansanya cenderung melankolis dengan penggunaan melodi piano dramatis.

Hal serupa turut digambarkan oleh liriknya. Kemudian Ini menghadirkan keinginan Milea untuk mengungkapkan rasa cintanya kepada Dilan. Dalam Dilan 1990, "Kemudian Ini" muncul saat adegan Milea galau dengan perubahan sikap Dilan.

4.  "Di Mana Kamu" - The Panasdalam Bank

"Di Mana Kamu" memiliki tema melankolis sehingga mirip "Kemudian Ini". Namun, musiknya cenderung lebih sederhana dengan gitar akustik. 

"Di Mana Kamu" mewakili kerinduan Milea terhadap sosok Dilan. Lagu ini hadir ketika Milea tengah memikirkan Dilan dalam adegan film. 

5. "Kaulah Ahlinya Bagiku" - The Panasdalam Bank

"Kaulah Ahlinya Bagiku" menjadi soundtrack pamungkas kisah Dilan dan Milea dalam film. Lagu ini mengiringi perjalanan Dilan dan Milea setelah mereka resmi menjadi sepasang kekasih.

"Kaulah Ahlinya Bagiku" bercerita tentang pengaruh Dilan terhadap kehidupan Milea. Musiknya terasa lebih menghentak ketimbang lagu lain berkat iringan drum. 

(dira / bin)

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait