Dua tahun Pertama Berdiri, Falcon Pictures Merilis 10 Film, 9 Diantaranya Rugi

Wayan Diananto | 10 Maret 2018 | 16:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Keberanian menggelontorkan bujet lebih dimulai sejak Falcon Pictures merilis Comic 8 (Anggy Umbara). Biaya produksi dan promosi film itu sama, 5 miliar rupiah. Hasilnya, Comic 8 menjadi film terlaris tahun 2014.

Untuk mencapai kesuksesan ini tidak mudah. Dua tahun pertama beroperasi (2010-2012), Falcon Pictures merilis 10 film. Dari 10 film itu, sembilan di antaranya merugi. Yang untung hanya Potong Bebek Angsa. Keuntungan ini tidak bisa menutup kerugian yang ditimbulkan sembilan film lainnya.

Meski begitu, produser Falcon Pictures, Frederica (36) tak putus asa.

“Saya terjun ke industri film karena tercemplung. Saat itu, Pak Rhoma Irama memproduksi film Dawai 2 Asmara. Di tengah jalan, investornya mundur. Ndilalah, Pak Rhoma dekat dengan kami. Kami membiayai agar proses produksi film itu tuntas. Namanya baru terjun ke film, kami tidak tahu harus memulai darimana dan apa saja yang mesti disiapkan,” Erica, demikian  Frederica biasa disapa, menjelaskan awal dirinya terjun ke industri film.

Dari rentetan kegagalan itu Erica belajar bahwa selain promosi, premis cerita, selera penonton, desain poster, teaser film, pemain, dan sutradara mesti dipertimbangkan. Evaluasi pascaperilisan film juga penting dilakukan agar performa film berikutnya lebih baik. Dari sinilah benih-benih kesuksesan disemai. 

(wyn / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait