Teman Tapi Menikah, Drama Remaja Terbaik dalam Beberapa Tahun Terakhir

Wayan Diananto | 14 April 2018 | 10:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kami telah melihat Adipati di lebih dari 20 film. Dari genre komedi romantis, drama keluarga, adaptasi novel laris hingga biografi sekelas Sang Kiai, Jenderal Sudirman, atau Slank yang kasual.

Maaf, penampilannya belum ada yang membekas di benak hingga akhirnya kami menonton film ini. Adipati tampak beda. Selain lebih ganteng, aktingnya tampak relaks, tanpa beban, berkarisma dan yang paling penting, meninggalkan impresi mendalam. 

Teman Tapi Menikah bagi kami kejutan besar. Adegan pembuka film ini kombinasi visual penuh gaya dengan warna yang menyiratkan dunia remaja, dipadu penyuntingan yang cekatan, dan suara yang mampu mengikuti pergerakan gambar. Adegan pembuka memperlihatkan Ditto (Adipati) di sebuah kafe. Ia menanti kedatangan Ayu (Vanesha). Ditto hendak menyampaikan sesuatu yang dipendamnya selama 12 tahun. 

Di saat yang sama, Ayu mengabari Ditto bahwa ia akan dinikahi Rifnu (Refal). Ditto hari itu, datang jauh-jauh dari Bandung setelah hubungannya dengan Dilla (Denira) kandas. Empat tahun Dilla menanti kepastian Ditto. Ia berharap Ditto menikahinya, lalu memiliki keturunan. Anehnya, Dilla merasa Ditto yang selama ini ada di sisinya sebenarnya jauh.

Hangat dan menyenangkan. Itu yang kami rasakan selama menonton Teman Tapi Menikah. Temanya klise: dari temen jadi demen. Yang membuat film ini istimewa, keputusan Rako dan tim penulis naskah untuk tidak terlalu patuh pada kisah aslinya, yakni hubungan Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion. Film ini tidak dikekang urutan kronologi dan garis waktu tokoh asli. Ia juga tidak mencari pemain yang fisiknya mendekati Ayu dan Ditto.

Yang diandalkan film ini, cerita yang rapi dan chemistry pemain. Performa serta chemistry Adipati-Vanesha sangat solid. Performa keduanya diperkuat pemeran pendukung dengan porsi pas. Cinta yang disuguhkan tidak terlalu kelabu juga tak terlalu manis. Ibarat penganan, gluten free. Tidak bikin kadar gula melonjak, bebas dari sensasi ngilu di gigi, dan tak perlu was-was untuk mencicipi lagi dan lagi. 

Teman Tapi Menikah tidaklah puitis. Minim adegan yang didramatisasi. Kisah Ayu-Ditto terasa dekat dengan penonton, membuat kita sadar bahwa siapa pun bisa merasakan cinta yang seperti ini. Teman Tapi Menikah salah satu drama remaja terbaik tahun ini. Bahkan, terbaik selama beberapa tahun terakhir. 

Pemain: Adipati Dolken, Vanesha Prescilla, Denira Wiraguna, Rendi John, Refal Hadi
Produser: Frederica
Sutradara: Rako Prijanto
Penulis: Upi, Johanna Wattimena
Produksi: Falcon Pictures
Durasi: 1 jam 42 menit

(wyn / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait