Teater Bunga Penutup Abad: Penonton Larut dalam Kisah Perjuangan Nyai Ontosoroh

Seno Susanto | 19 November 2018 | 14:15 WIB

Kerja keras memang tak pernah bohong. Terbukti para pemain pementasan teater Bunga Penutup Abad sukses membuai para penonton larut dalam kisah perjuangan Nyai Ontosoroh, yang diadaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer.

Babak demi babak ditampilkan secara apik oleh Rahadian, Marsha Timothy, Lukman Sardi, Chelsea Islan hingga si cilik Sabia Arifin. Bahkan akting Marsha sebagai Nyai Ontosoroh pun patut diacungi jempol.

Marsha Timothy berhasil keluar dari bayang-bayang Happy Salma yang memerankan tokoh Nyai Ontosoroh di dua pementasan dengan judul yang sama sebelumnya. Emosi yang diberikan Marsha Timothy dalam lakonnya sanggup membuat penonton menangis. Salah satunya Wawan Sofwan selaku sutradara.

"Rasanya senang sekali bisa tersampaikan. Yang jelas selama dua hari saya nonton di sini saya masih bisa menangis. Menurut saya pantas mereka telah berlatih sepama 3 bulan lebih," kata Wawan Sofwan di Teater Tanah Airku Taman Ismail Marzuki (TIM), Kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (16/11) malam.

Akting Reza Rahadian sebagai Minke, yang menemani Nyai Ontosoroh selepas kepergian Annelies ke Belanda cukup menarik untuk dikulik. Klimaksnya saat Minke mendapatkan surat dari Panji Darman, tentang kondisi Annelies yang telah tiada. Reza Rahadian  sukses membawakan tokoh ini dengan emosinya yang luar biasa.

Sementara Chelsea Islan yang menjadi Annelies, dan Lukman Sardi sebagai Jean Marais, sukses membawakan tokoh yang mereka perankan dengan apik.

Selain keterlibatan Marsha Timothy, memang tidak ada perubahan menonjol dari Bunga Penutup Abad kali ini dibanding 2 pementasan sebelumnya pada 2016 di Jakarta dan Maret 2017 di Bandung. Namun kehadirannya tetap berhasil membuat air mata meleleh melihat perjuangan Nyai Ontosoroh dalam mencari keadilan.

Penampilan Reza Rahadian, Marsha Timothy, Lukman Sardi, Chelsea Islan dan Sabia Arifin akan dipentaskan selama dua hari pada 17 dan 18 November 2018.

TABLOIDBINTANG.COM - Teater Bunga Penutup Abad sukses digelar di Gedung Teater Tanah Airku, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (16/11).

Teater ini berkisah perjuangan Nyai Ontosoroh yang ada dalam sebuah buku karya Pramoedya Ananta Toer. Nyai Ontosoroh sendiri diperankan oleh Marsha Timothy. 

Penulis : Seno Susanto
Editor: Seno Susanto
Berita Terkait