Tips Diet Sehat, Aman, dan Efektif Turunkan Berat Badan  

Vallesca Souisa | 26 November 2022 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melansir data bahwa prevalensi obesitas di Indonesia menurut Riskesdas 2018 menunjukkan bahwa 13,6 persen orang dewasa berusia >18 tahun mengalami kelebihan berat badan sedangkan 21,8 persen mengalami obesitas.

Di mana obesitas lebih tinggi terjadi pada perempuan daripada laki-laki (Kemenkes, 2016). Obesitas dapat disebabkan oleh banyak hal misalnya saja dari faktor genetik, lingkungan dengan pola makan makanan padat energi (tinggi lemak, gula, serta kurang sehat), selain itu juga bisa dipengaruhi oleh faktor obat-obatan dan hormonal.

Metode penurunan berat badan pada penderita obesitas akan berbeda untuk masing-masing individu. Namun secara umum angka menurunkan berat badan pada tingkat yang aman dan berkelanjutan yaitu 0,5 hingga 1kg per minggu. Selain itu sebagian besar orang disarankan untuk mengurangi asupan energi sebanyak 600 kalori per hari. Bagi kebanyakan pria, ini berarti mengonsumsi tidak lebih dari 1.900 kalori sehari, dan bagi kebanyakan wanita, tidak lebih dari 1.400 kalori sehari.

Penting bagi penderita obesitas untuk dapat menerapkan diet sehat yaitu:

1. Pastikan tidak melewatkan sarapan. 

Pagi hari sangat penting mengkonsumsi makanan yang bisa membuat Anda merasa kenyang sampai waktu makan siang untuk meminimalkan ngemil. Telur, yogurt, oatmeal, dan roti gandum adalah beberapa makanan yang bisa menjadi pilihan untuk mengawali hari.

2. Konsumsi air putih

Konsumsi air putih sebelum makan, juga penuhi kebutuhan tubuh akan air sepanjang hari. Enam puluh persen dari tubuh terdiri dari air, maka cairan bening dan bebas kalori ini berperan dalam hampir setiap fungsi tubuh. Tubuh yang terhidrasi akan semakin efisien bekerja untuk berpikir hingga membakar lemak tubuh.

3. Konsumsi sayuran dan buah-buahan

Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan memiliki efek positif pada gula darah, yang dapat membantu menjaga nafsu makan. Apel, pir, dan sayuran berdaun hijau dapat berperan dalam penurunan berat badan. Kandungan glikemik yang rendah mencegah lonjakan gula darah yang dapat meningkatkan rasa lapar.

4. Rutin olahraga

Rutin olahraga berintensitas sedang yang meningkatkan detak jantung dan pernapasan, seperti jalan cepat, bersepeda, renang rekreasi, dan menari.

5. Cukupi kebutuhan protein

Protein bisa diperoleh dari daging, ikan, telur, kacang-kacangan dan sumber protein non-susu lainnya

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait