4 Cara Menenangkan Diri Ketika Hidup Terasa Berat

Vallesca Souisa | 2 Desember 2022 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Namanya hidup, memiliki dinamikanya sendiri. Tak selalu cerah, pastinya akan ada yang namanya masala dalam setiap kehidupan orang. Tinggal, bagaimana kita bertahan menghadapi tantangan-tantangan tersebut dan melewatinya. Ketika hidup sudah terasa terlalu berat, apa yang harus dilakukan untuk bertahan?

1. Beri Waktu Bagi Diri Sendiri
Luangkanlah waktu. Berhenti sesaat dari rutinitas. Gunakan waktu sendiri, Berdiam, merenung, untuk melepas yang mengganjal di hati. Lakukan interaksi dengan Tuhan. Tenangkan pikiran, untuk menentukan apa langkah selanjutnya.

2. Berhenti Terlalu Menuntut Diri Sendiri
Kita terkadang merasa terlalu capek, lelah. Bukan hanya lelah fisik, tapi lelah hati atau psikis. Ini sesungguhnya kita terlalu menuntut banyak pada diri kita sendiri. Menginginkan kesempurnaan, ingin benar. Ada kalanya meleset satu dua kali, sesungguhnya tak apa dan menerima dengan lapang dada.

3. Belajar Menerima Keadaan
Akan selalu ada momen pahit dan menyenangkan dalam hidup kita. Pahami dulu hal ini. Kemudian ambillah hikmah dan pelajaran dari pada momen pahit tersebut. Belajar untuk mensyukuri. Karena pasti dari setiap kejadian mau itu buruk atau menyenangkan, Tuhan memberikan kita pelajaran yang berharga.

4. Bahagiakan Diri dengan Cara-Cara Sederhana
Kebahagiaan tidak melulu diukur dari materi, uang, kemewahan, dan sebagainya. Bahagia ada di hati. Dan bahagia bisa berasal dari hal yang paling simpel atau sederhana. Seperti, menikmati makanan, mensyukuri berkat Tuhan, membuat orang lain tersenyum.

 

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait