4 Cara Elegan Menghadapi Orang yang Egois

| 4 Desember 2022 | 14:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Egois adalah orang yang mementingkan dirinya sendiri. Yang penting dirinya 'aman', yang penting dirinya dulu 'untung', terserah orang lain mau bagaimana. Karena sikap yang egois ini, seseorang bisa tega pada orang lain. Karena fokusnya hanya dirinya.

Tak terlihat memang, bisa saja kelihatannya baik, tapi sebenarnya egois. Cuma bisa dirasakan, dan sangat bisa membuat orang lain jadi tidak nyaman, bahkan bisa membuat orang lain jadi susah.

Jelas ini memantik emosi. Cuma kalau emosi terus menerus, diri kita sendiri yang rugi. Ada cara kok menghadapi orang egois tanpa harus emosi. 

Berikut tipsnya.

1. Katakan Apa yang Saat Ini Kamu Rasakan

Terkadang kamu perlu bertindak tegas, salah satunya dengan memberi tahu dengan jelas kalau sebenarnya mereka egois. Meskipun begitu, kamu harus tetap mengatakannya dengan pilihan kalimat yang tepat, sehingga tidak melukai perasaan orang yang bersangkutan. Kamu juga harus bisa bijaksana tanpa perlu bersikap kasar. Ingatkan saja bahwa tak selamanya dia akan berada di dekat orang-orang yang mau memahami dan menuruti setiap keinginannya.

2. Tidak Perlu  Memberikan Dia Perhatian

Biasanya orang yang egois sangat mendambakan pujian dan perhatian. Karena itulah, kamu tidak boleh memberikan hal tersebut kepadanya. Namun, bila tiba-tiba mereka datang padamu pada situasi tertentu dan menunjukkan kesedihan palsunya, sebaiknya kamu bersikap cuek dan masa bodoh. Dengan begitu, mereka akan merasa terabaikan hingga akhirnya menghentikan sandiwara keegoisannya.

3. Jangan Ikut Melakukan Apa yang Mereka Lakukan

Tidak peduli bagaimana pun orang yang bersifat egois memperlakukan kamu, hal tersebut bukan berarti bahwa kamu bisa membalasnya dengan perbuatan yang sama. Kalau kamu melakukan hal yang sama, lantas apa bedanya antara kamu dan mereka? Oleh sebab itulah kamu hanya perlu menjadi diri sendiri dan lakukan apa yang kamu inginkan. Tak perlu mempedulikan mereka karena kamu harus bisa memprioritaskan diri sendiri.

4. Jangan Memberikan Bantuan

Ketika orang yang egois sering kali meminta bantuan padamu tanpa mempedulikan bagaimana kondisimu saat ini, ingatlah bahwa kamu tidak wajib untuk melakukannya.

Jadi, bila sekiranya kamu tidak akan mendapatkan balasan apapun dari perbuatan yang kamu lakukan, lebih baik tinggalkan dia dan tak perlu menuruti permintaannya. Kamu juga perlu membuat alasan dan tak perlu meminta maaf padanya. Biarkan dia menyelesaikan urusannya sendiri. Sekali-sekali memberi pelajaran semacam ini juga diperlukan

Penulis :
Editor:
Berita Terkait