6 Tips Parenting Bagi Working Mom yang Selalu Sibuk

| 8 Desember 2022 | 14:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sebagai seorang ibu, memiliki kehidupan yang seimbang antara karir dan keluarga bisa menjadi hal yang sangat sulit. Di satu sisi, Anda memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaan kantor, sementara di sisi lain Anda juga harus tetap bisa mengasuh anak-anak di rumah. Nah, untuk membantu Anda menemukan keseimbangan antara kehidupan profesional dan pribadi Anda, berikut ini adalah beberapa strategi parenting yang bisa Anda ikuti sebagai working mom.

1. Buat jadwal kegiatan.
Baik itu Anda bekerja dari kantor maupun dari rumah, membuat jadwal kegiatan bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk memastikan si buah hati dapat diasuh dengan baik. Selain itu, dengan kegiatan yang lebih terjadwal setiap harinya, ini juga membantu mengurangi rasa stres dan khawatir yang Anda rasakan sekaligus memungkinkan Anda mengelola seluruh tugas-tugas yang Anda miliki, baik itu tugas kantor ataupun tugas sebagai orang tua di rumah, dengan cara yang lebih efektif dan efisien.

2. Ajak anak beraktivitas.
Sebagai working mom, Anda mungkin tidak selalu memiliki banyak waktu di rumah. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu menghabiskan waktu luang Anda dengan mengajak si kecil beraktivitas saat Anda sedang tidak bekerja. Misalnya ketika Anda sedang menyiram tanaman, merapikan kasur, atau memasak di dapur, Anda bisa mengajak anak-anak untuk ikut membantu Anda. Dengan melibatkan mereka dalam berbagai aktivitas harian seperti ini, Anda jadi lebih mudah untuk berinteraksi dan melihat perkembangan mereka setiap harinya.

3. Pastikan komunikasi lancar.
Tidak peduli seberapa sibuknya Anda, penting untuk memastikan bahwa komunikasi Anda dengan mereka selalu baik. Bagaimanapun, komunikasi yang baik merupakan kunci untuk mengembangkan ikatan emosional yang kuat dengan anak-anak Anda. Selain itu, dengan menjalin komunikasi yang terbuka, ini juga dapat membantu mereka untuk tumbuh menjadi individu yang mandiri dan bertanggung jawab.

4. Masak makanan yang mudah.
Setiap ibu harus memastikan bahwa anak-anaknya memiliki tumbuh kembang yang baik hingga usia dewasa. Oleh karena itu, dari pada membeli makan di luar, sebaiknya Anda memasakkan mereka makanan yang sehat dan bergizi. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk memasak, pilihlah berbagai menu makanan yang simpel, mudah dibuat, namun tetap sehat. Beberapa contohnya seperti salad buah, sandwich, sup ayam, dan berbagai menu lain yang kaya karbohidrat, protein, vitamin, serta kandungan bergizi lainnya.

Tidak ada salahnya mempersiapkan bumbu makanan siap saji jika sewaktu-waktu harus memasak secara cepat untuk keluarga tercinta tanpa harus repot mempersiapkan bumbu. Salah satunya adalah bumbu nasi goreng karena menu ini seringkali menjadi favorit anggota keluarga Indonesia baik untuk sarapan pagi maupun makan malam. 

5. Temani sebelum tidur.
Manfaatkan waktu sebelum tidur untuk menghabiskan quality time bersama anak Anda. Ketika tidur sambil didampingi orang tua, anak-anak cenderung merasa lebih nyaman dan senang, dan pada gilirannya hal ini dapat mempererat hubungan Anda dengan mereka. Cobalah untuk membacakan dongeng menarik kepada mereka atau minta anak-anak Anda untuk menceritakan aktivitas apa saja yang mereka lakukan selama hari itu.

6. Berbagi tugas dengan pasangan.
Terkadang, ada kalanya Anda mungkin tidak sempat meluangkan waktu sama sekali untuk anak Anda. Nah, saat ini terjadi, jangan sungkan meminta bantuan pasangan untuk menggantikan tugas Anda menemani si buah hati. Melakukan hal ini memastikan agar anak-anak Anda tidak kehilangan figur orang tuanya dalam keseharian mereka, meskipun Anda sedang sibuk bekerja.

Mengasuh anak merupakan tugas yang sangat sulit dan menyita banyak waktu, energi, serta perhatian. Oleh sebab itu, sebagai working mom yang harus selalu bekerja setiap harinya, Anda perlu menyiasatinya dengan tips-tips di atas supaya bisa memanajemen waktu dengan baik dan memiliki kehidupan yang seimbang antara karir dan keluarga Anda. Selain itu, meskipun Anda tidak bisa mencurahkan seluruh waktu Anda, namun tetap pastikan anak-anak Anda mengetahui bahwa Anda sangat menyayangi mereka dan Anda akan selalu ada kapanpun mereka membutuhkan Anda.

Penulis :
Editor:
Berita Terkait