Berapa Kalori Terbakar Saat Berhubungan Seks, Ini Faktanya

Supriyanto | 4 Januari 2023 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Selain olahraga, berhubungan seks juga diketahui mampu membakar kalori yang cukup besar, apalagi jika dilakukan dengan penuh gairah. Tapi perlu diingat bahwa sejauh apa peran seks dalam menjaga kebugaran tentu bergantung pada sesi intim seperti apa yang biasanya dijalani. 

Semakin panas dan lama hubungan seks berlangsung, dampak positifnya bagi kesehatan pasangan pun semakin banyak.

Banyak penemuan memang telah mengungkapkan hal ini. Namun sebuah penelitian yang dilakukan University of Montreal berhasil mengungkap angka persis kalori yang mampu terbakar saat berhubungan seks.

Jika pria mampu membakar 100 kalori saat berhubungan seks, maka kaum hawa sebanyak 69. Ini didasari oleh seks yang dilakukan dimluai dari foreplay hingga akhir dengan waktu sekitar 25 menit namun bergantung pada berapa lama seks dilakukan dengan mengambil hitungan rata-rata 10-57 menit.

Tentunya, semakin lama sebuah pasangan melakukan seks, maka semakin banyak pula kalori yang ikut terbakar.

Untuk mendapatkan hitungan yang akurat ini, penelitian dilakukan dalam lab dimana pasangan mempraktekkan seks ditemani kabel, elektroda dan berbagai perlengkapan lain yang diperlukan untuk menghitung kalori yang terbakar. Kini, pemanfaatan teknologi seperti gelang khusus yang dikenakan juga mampu memperoleh data realistis.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Plos One, dijelaskan bahwa intensitas kalori yang terbakar dari aktifitas seksual dapat lebih tinggi dibandingkan berjalan namun lebih rendah dibandingkan jogging.

Jika ingin menghitung jumlah kalori yang terbakar saat melakukan seks berikutnya bersama pasangan Adna, kalikan waktu dalam hitungan menit dengan 4,2 (bagi pria) dan 3,1 (bagi wanita).

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait