5 Tanda Depresi yang Sering Tidak Kita Sadari

Vallesca Souisa | 6 Januari 2023 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Berdasarkan The National Institute of Mental Health, depresi biasanya ditandai dengan gejala merasa sedih, cemas, kosong, nggak tertarik untuk hidup dalam jangka waktu cukup lama. Tapi ada juga beberapa gejala depresi yang nggak disadari oleh seseorang yang mengalaminya. Dikutip dari akun Instagram psikolog Yonamrhanggara, berikut tanda-tanda depresi yang sering kali tidak kita sadari. 

1. Kehilangan Minat Melakukan Apapun

Ketika kita melakukan aktivitas yang kita sukai, terlebih sesuai minat dan hobi kita, memberikan kita rasa lebih baik. Mood yang tadinya jelek bisa diperbaiki dengan melakukan hal yang kita sukai. Tetapi ketika kita tidak lagi minat melakukan apapun, tidak ada motivasi, tidak ada dorongan dan ketertarikan lagi, Anda perlu lebih perhatian pada diri Anda. Menurut Institut Kesehatan Mental, kilangan minat atau kesenangan dalam hobi dan aktivitas, adalah salah satu gejala depresi. 

2. Merasa Sedih, Hampa, Tertekan Berkepanjangan

Sedih perasaan yang wajar, yang pasti akan dialami oleh setiap orang, begitu juga dengan stres ataupun perasaan tertekan. Semua orang akan mengalaminya.  Yang tidak wajar adalah ketika perasaan-perasaan yang negatif itu berlangsung sangat lama, diiringi rasa bersalah, merasa tidak dihargai, suasana hati terpuruk. Bila mengalami rasa seperti ini berlarut-larut, ada baiknya berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater. 

3. Nafsu Makan Berubah Drastis

Terlalu banyak makan atau terlalu sedikit makan juga menjadi salah satu gejala depresi. Ada juga yang mengalami kehilangan nafsu makan secara berangsur-angsur, karena suasana hati.

4. Lebih Mudah Marah

Mudah merasa kesal, mudah marah, ini seringkali menjadi gejala depresi yang tidak disadari, dan gejala ini bisa dialami orang dewasa maupun anak-anak. 

5. Kesulitan Berkonsentrasi

Sulit berkonsentrasi, patut dipertanyakan. Apalagi kalau suda terjadi cukup lama. Selain sulit fokus, mereka yang kemungkinan mengidap depresi, akan selalu merasa gagal dalam melakukan suatu hal. 

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait