Hindari Kolesterol Tinggi dengan Susu Pengganti Santan

Indra Kurniawan | 15 Januari 2023 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Indonesia memiliki banyak sekali menu hidangan yang menggunakan santan dalam pembuatannya. Berasal dari cairan perasan kelapa tua yang diparut, santan umumnya digunakan untuk menghasilkan cita rasa makanan yang lebih kaya dan sedap. 

Fungsi santan juga salah satunya sebagai pengental, sehingga santan banyak digunakan untuk makanan berkuah kental, seperti lodeh, kari, rendang, gulai, opor, soto santan hingga makanan manis seperti surabi dan kolak.  

Namun demikian, santan merupakan bumbu dapur yang memiliki kandungan kalori dan lemak yang cukup tinggi. Menurut Healthline, pada 1 cup santan (240 gram) terdapat 552 kalori, dimana 93% diantaranya berupa lemak, termasuk lemak jenuh. Santan yang dimasak hingga mendidih dapat mengubah kandungan asam lemak di dalamnya menjadi lemak jenuh yang meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam. 

Karena itu, walaupun terasa nikmat dan gurih, konsumsi makanan bersantan perlu dibatasi untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebagai alternatif, susu evaporasi bisa menjadi bahan masak menggantikan fungsi santan. Di Indolakto, produsen susu evaporasi Tiga Sapi, susu tipe ini dibuat dengan cara mencairkan susu bubuk sehingga didapatkan kekentalan tertentu, sambil tetap mempertahankan kandungan nutrisinya. 

Secara tekstur, Tiga Sapi Susu Evaporasi tidak secair susu UHT pada umumnya, namun tidak sekental kental manis. Selain itu, susu ini juga memiliki kandungan laktosa, mineral, lemak, kalsium yang utuh, sehingga menjadi pilihan yang baik untuk membuat masakan yang lebih lezat bagi keluarga. 

Tiga Sapi Susu Evaporasi hadir untuk menyajikan menu kuliner yang tetap nikmat dan lezat tanpa mengubah cita rasa. Dikemas secara higienis dalam kemasan kotak memudahkan konsumen untuk membuka-tutup kembali ketika digunakan. Tiga Sapi Susu Evaporasi ini pun cocok menjadi bahan masakan dan campuran minuman seperti roti, kopi, puding, soto ayam sebagai pengganti santan. 

Tiga Sapi Susu Evaporasi merupakan susu evaporasi kemasan kotak pertama di Indonesia yang memiliki rasa creamy yang pas, gurih, dan lezat. Harganya yang ekonomis dengan 25% isi lebih banyak dibandingkan produk serupa di pasaran membuat susu ini cocok digunakan para pebisnis kuliner agar tetap nikmat dan lezat tanpa mengubah cita rasa.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait