Ciri-ciri Akun WhatsApp Anda Dibajak

Supriyanto | 24 Januari 2023 | 01:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - WhatsApp adalah aplikasi gratis yang menyediakan layanan bertukar pesan dan panggilan yang sederhana, aman, dan reliabel serta tersedia di berbagai telepon.

WhatsApp juga mempunyai berbagai fitur menarik untuk berkomunikasi secara digital. Mulai dari chatting, video call, sampai mengirimkan stiker dan avatar lucu. Jadinya, menggunakan WhatsApp untuk bercerita dan berbagi informasi semakin menyenangkan.

Namun yang harus diketahui, WhatsApp juga bisa diretas atau dibajak dengan tujuan melakukan kejahatan. Caranya pun dengan menggunakan sejumlah modus.

Cara para pelaku pembajak Whatsapp yang sering digunakan adalah dengan merebut one time password (OTP) yang dikirimkan WhatsApp ke SMS. Dan yang paling bahaya jika si peretas sudah mengacak-acak email.

Berikut ciri-ciri akun Whatsapp seseorang disadap oleh orang lain:

1. OTP

Jika tiba-tiba ada notifikasi yang meminta untuk mengisi OTP, sebaiknya hati-hati karena kemungkinan besat akun Anda akau disusupi. Sebagai informasi, OTP kode enam digit itu merupakan gerbang masuk untuk mengakses WhatsApp.

OTP akan diberikan saat ada yang mencoba masuk ke akun WA. Perlu diingat jika ada pesan berisi kode tersebut jangan memberikannya kepada siapapun.

2. Keluar dari WhatsApp

Ciri lainnya adalah keluar dari WhatsApp secara otomatis. Namun Anda bisa mengetahui jika ada perangkat lain yang mengakses akun, dengan menekan ikon tiga titik di bagian kanan atas aplikasi. Pilih mode WhatsApp Web dan akan terlihat perangkat mana yang menggunakannya.

3. Pesan Telah Terbaca

Ini juga menjadi ciri berikutnya akun WhatsApp telah disadap. Yakni apabila ada pesan yang terbaca padahal Anda belum membacanya.

4. Pesan Terkirim Sendiri

Sama seperti sebelumnya, jika Anda tidak pernah merasa mengirimkan pesan namun ada yang chat yang terkirim, ini bisa jadi pertanda akun WhatsApp dibajak. Segera tingkatkan kewaspadaan.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait