Merry Riana Berbagi Kiat Sukses Berbisnis Lewat Media Sosial 

Ari Kurniawan | 29 Januari 2023 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sebanyak 70 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) ditempa supaya bisa meningkatkan keterampilan dan pengembangan bisnisnya dengan memanfaatkan pemasaran digital.

Dalam kesempatan tersebut, mereka antusias mengikuti workshop dan talk show bertajuk creative in business yang digelar social bread berkolaborasi dengan MD Co milik Merry Riana di Social Bread Creator Hub, The Breeze, BSD City, Tangerang.

Puluhan pelaku UMKM mengikuti workshop yang menyajikan dua tema penting yakni creative strategy in marketing dan entrepreneur mindset. Selain itu mereka juga antusias mengikuti talk show dengan topik, creative in business.

Merry Riana mengatakan ini merupakan sebuah kesempatan berkolaborasi yang sangat baik. Sebab kami memiliki tujuan yang sama yakni memberdayakan entrepreneur. 

“Senang sekali bisa bekerja sama, karena kami sama-sama memiliki hati dan misi untuk mendukung para penggiat UMKM di Indonesia,” kata Merry Riana yang juga dikenal lewat buku dan film biografi berjudul Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar.

Menurut Merry, melalui acara ini tentunya akan banyak wawasan yang didapatkan para entrepreneur umkm. Dari segi marketing, dapat membagikan strategi marketing melalui social media. 

“Kemudian di sisi lain dari aspek marketing, saya akan memberikan sharing pengalaman saya berbisnis lebih dari 20 tahun. Semoga melalui acara kolaborasi ini banyak hal bermanfaat dan aplikatif yang diperoleh para penggiat umkm,” ujar Merry

“Sejak pertama kali saya membangun perusahaan MD Co bersama David Tjokrorahardjo memiliki misi yang jelas. Yakni, sebuah venture builder yang berfokus pada business leadership coaching dan brand development. Harapannya, para pemilik bisnis, khususnya UMKM dibantu untuk membangun bisnis sejuta dolar pertama mereka dan bisa bertumbuh bersama,” jelas Merry.

Sementara itu, Founder dan CEO Social Bread, Edho Zell, mengatakan, acara workshop dan talk show BErtumbuh BAreng Socbread (BeBaS) dengan tema besar acara bertujuan untuk membantu pertumbuhan UMKM di era digitalisasi dan media sosial. 

“Kami ingin ikut berperan memberdayakan UMKM agar dapat maju dengan memanfaatkan digitalisasi teknologi dan sosial media. Sehingga UMKM brand lokal bisa berkembang dan terus maju,” kata Edho Zell yang sudah lebih dari 10 tahun berkecimpung di dunia media sosial bersama Google, Facebook, dan TikTok.

“Di era teknologi digital seperti saat ini, para pelaku UMKM perlu meningkatkan kualitas produk dan pemasaran dalam menghadapi persaingan global. Kegiatan ini juga sejalan untuk mendorong digitalisasi di berbagai sektor termasuk UMKM yang menjadi salah satu pilar penting dalam membangun ekonomi bangsa,” kata CEO Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land, Irawan Harahap.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait