4 Fakta Anak Tengah, Cenderung Ambisius Dan Mandiri

Sandra Puspita | 24 Februari 2023 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Anak sulung biasanya dijadikan pedoman bahkan tumpuan harapan bagi keluarga, sedangkan anak terakhir adalah anak paling dimanja dan juga paling disayang. Lantas, bagaimana dengan anak tengah?

Anak Tengah mempunyai karakter yang sangat beda dibanding anak sulung dan anak bungsu. Biasanya anak tengah mempunyai rasa iri, maka tak jarang mereka dianggap memiliki jiwa yang pengertian, kuat, dan sensitif karena disatu sisi harus menghadapi perlakuan sang kakak dan menjadi panutan untuk sang adik.

Berikut 4 fakta menarik dari anak tengah.

1. Sering Merasa Sendiri atau Terasingkan

Umumnya anak sulung merupakan anak yang diharapkan oleh orang tuanya, maka ketika lahir seluruh perhatian mereka bertuju pada anak sulung. Ketika anak ketiga lahir, perhatian orang tua akan tertuju pada si bungsu. Disituasi seperti inilah dalam jangka panjang membuat anak merasa selalu sendiri dalam keluarganya.

2. Tegas dan Mandiri

Tidak seperti anak sulung yang cenderung keras, anak tengah biasanya lebih memilih untuk menjadi tegas dan lebih bisa memposisikan dirinya dalam suatu keluarga. Mandiri, karena dari kecil perhatian kedua orang tua terhadapnya sudah terbagi dan ketika sibungsu lahir mereka harus memposisikan sebagai kakak sehingga tak jarang anak tengah mengerjakan segala halnya sendiri.

3. Orang yang Ambisius

Anak tengan lebih sulit diatur dan keras kepala didalam keluarga ataupun di lingkungan sekitarnya. Hal ini disebabkan oleh egonya yang tinggi. Selain itu jika menginginkan sesuatu ia akan bersemangat dan akan berusaha sekuat tenaga untuk memperolehnya.

4. Memiliki Sifat Kompetitif

Merasa seperti dinomor duakan dalam keluarga dapat mendorong anak tengah menjadi sangat kompetitif dengan saudara kandungnya. Keinginannya untuk lebih menonjol dari kakak atau adiknya menjadi sangat kuat. Dapat dikatakan anak tengah ini akan terus bersaing atau berkompetisi dalam segala kondisi.

Penulis : Sandra Puspita
Editor: Sandra Puspita
Berita Terkait