Dianggap Bawa Sial! Ini Angka-Angka yang Harus Kamu Hindari

Siti Adisya Kirana | 28 Februari 2023 | 11:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ada sejumlah angka yang diyakini bisa membawa sial hingga membawa ketakutan jika kita sudah mendengarnya. Bisa dikatakan angka yang dikenal keramat akan menjadikan kita mengalami mengalami hal-hal yang diluar dugaan ataupun mistis.

Sebagian besar orang percaya mengenai angka pembawa sial ini. Tidak hanya di Indonesia, di luar Indonesia pun memiliki angka yang dipercayai memiliki pembawa sial.

Salah satu kepercayaan turun temurun yang masih dipercaya hingga 2023 ini adalah angka keramat. Dalam kehidupan sehari-hari, tiap daerah memiliki angka spesial yang dianggap keramat dan terkadang sengaja dihindari untuk menjauhkan hal-hal buruk.

Apa saja yaa angka-angka yang dikenal sebagai pembawa sial? Yuk kita simak mengenai sejarahnya

1. Angka 4

Jika kamu sering menggunakan lift baik di kantor, mall, maupun hotel dan apartemen, kamu pasti menyadari ada sesuatu hal janggal. Ya, pada tombol pilihan lantai tujuan lift biasanya nggak ada tombol angka 4.

Angka 4 ternyata memang sengaja dihilangkan dari opsi pilihan. Biasanya digantikan dengan angka 3A ataupun langsung lompat ke angka 5.

Hal ini terjadi karena angka 4 dianggap sebagai angka sial dan kematian di negara-negara Asia Timur, seperti Cina, Taiwan, dan Jepang.

2. Angka 13

Keramatnya angka 13 ini sebenarnya mulai dikenal di Amerika. Tanggapan mengenai angka 13 ini memiliki banyak versi. Ada yang beranggapan angka 13 berkaitan dengan The Last Supper dalam kepercayaan umat Kristiani. Ada juga yang mempercayai dalam tradisi kuno, angka 13 adalah angka yang tidak diinginkan karena 12 dianggap sebagai angka sempurna.

Bahkan dipercaya kalau ada 13 nama dalam huruf, berarti itu nama sial. Hal ini dibuktikan bahwa nama-nama pembunuh kelas kakap kebanyakan 13 huruf, termasuk Hitler yang ternyata nama baptisnya Adolf Hitler. Apalagi kalau angka 13 bertemu dengan hari Jumat, maka jadilah Friday 13th. Di tanggal ini, semua hal penting akan di-cancel karena dianggap satu hari penuh kesialan. 

3. Angka 9

Angka 9 juga dianggap sebagai pembawa sial bagi masyarakat Jepang. Hal ini dikarenakan angka 9 menyerupai huruf di Jepang dengan arti siksaan dan penderitaan.

Dengan alasan seperti itu membuat orang Jepang sangat menakuti angka 9 ini. Hal ini dibuktikan dengan tidak adanya angka 9 di beberapa rumah sakit dan juga penerbangan.

4. Angka 17

Berbeda dengan Cina dan India, di Italia, angka yang dianggap membawa sial adalah angka 17. Masyarakat setempat mempercayai bahwa angka 17 merupakan pembawa sial sejak jaman Romawi. Dalam bilangan Romawi, angka 17 tertulis sebagai XVII. 

Jika susunan hurufnya ditata ulang, angka XVII dapat berubah menjadi VIXI yang ternyata memiliki arti buruk.

Dalam bahasa Latin, kata vixi ternyata memiliki arti “hidup saya telah berakhir”. Dari alasan itulah, angka 17 dihindari oleh masyarakat Italia dan bahkan dihapuskan dalam beberapa hotel dan juga penerbangan.

5. Angka 39

Di Afghanistan, angka 39 sangatlah ditakuti dan dihindari. Orang Afghanistan memiliki kepercayaan bahwa angka 39 ini berarti dengan sapi mati. Sapi mati di Afghanistan dianggap sebagai kutukan yang mematikan. Karena itulah jika ada sesuatu yang mengandung angka 39, misalnya plat mobil, warga Afghanistan akan menjauhi mobil tersebut.

Tidak hanya dianggap sebagai kutukan, angka 39 juga kadang dianggap sebagai kode untuk para pelacur. Jadi jika ada seorang wanita yang menggunakan angka 39, itu menandakan bahwa dia adalah pekerja seks komersial.

Penulis : Siti Adisya Kirana
Editor: Siti Adisya Kirana
Berita Terkait