Bantu Korban Gempa Turki, Filantropi Muda Indonesia (FMI) Diapresiasi Ali Erbas

Supriyanto | 4 Maret 2023 | 01:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Gempa bumi 7,8 M yang mengguncang Turki dan Suriah pada 6 Februari lalu telah memakan korban jiwa lebih dari 50 ribu orang. Sekitar 345 ribu apartemen di Turki telah hancur dan masih ada orang belum ditemukan.

Untuk membantu korban gempa di Turki, sejumlah relawan Lembaga Kemanusiaan Anggota Filantropi Muda Indonesia ( FMI) terjun langsung ke lokasi. Mengusung "FMI Bergerak untuk Turki" para relawan langsung bergerak ke tengah para pengungsi.

Ahmad Zaki Ali, wakil dari Lembaga Kemanusiaan Anggota FMI menyebutkan, ada banyak lokasi terdampak gempa dengan kerugian yang cukup parah.

"Ada 10 propinsi yang terdampak. Salah satunya adalah Malatya, yang merupakan daerah terdampak cukup parah. Dengan kerusakan bangunan 50 %. Sekitar 1632 bangunan rusak parah dan 1365 korban jiwa.” ungkap Ahmad Zaki Ali dalam siaranpera yang diterima wartawan belum lama ini.

Zaki bersama para relawan dari berbagai negara membantu warga di Malatya Turki untuk pendistribusian dan mengawal langsung bantuan.

“Lembaga Kemanusiaan Anggota FMI bersama dengan teman-teman NGO lainnya mendistribusikan sebanyak 800 paket sembako kepada masyarakat di Malatya," kata Ahmad Zali Ali menambahkan.

Filantropi Muda Indonesia (FMI) ke lokasi Gempa Turki

Melihat kegiatan kemanusiaan dari FMI dan relawan NGO lainnya, Walikota Malatya, Osman Guder memberikan rompi bertuliskan “Battalgazi Bellediyesi”.

Rompi tersebut sebagai simbol kehormatan sekaligus tanda bahwa relawan lembaga kemanusiaan anggota FMI dan relawan NGO lainnya adalah relawan resmi dan mereka akui keberadaannya dalam merespon gempa Turki.

”Kami juga mengucapkan terima kasih kepada orang-orang baik di Indonesia atas bantuan dan supportnya sehingga bantuan ini bisa kami sampaikan langsung kepada masyarakat Malatya di Turki, karna tidak hanya paket sembako, kami juga bisa memberikan kehangatan lewat 1000 porsi makanan hangat kepada para pengungsi” pungkas Ahmad Zaki Ali.

Dan kegiatan ini pun langsung mendapatkan apresiasi dari Menteri Agama Turki, Ali Erbas, yang datang ke lokasi pembagian 1000 porsi makanan hangat disekitar masjid Kernek Karagozluler, Turki.

Filantropi Muda Indonesia (FMI) ke lokasi Gempa Turki

Jumlah lembaga kemanusiaan Anggota FMI yang berkolaborasi kali ini totalnya 26 lembaga kemanusiaan.

Di antaranya Gerak Bareng, Sinergi Puspita, Markas Kebaikan, ASF Berbagi, Kebukit, Sinergi Cahaya Kamil,Sedekah Genggam Negeri,Sehati Gerak Bersama, Pelopor Kepedulian, We Can, Rela Baik, Komunitas Berbagi Jalur, Empowerment, Sahabat Langit, Kurir Sedekah Receh, Madinah Al Hijrah, Padepokan Ciliwung , Sinergi Berkah Jakarta, JBSM, Sedekah Jumat Berbagi, Gerakan Sedekah Jumat, Al Huda Berbagi,Teras Inspirasi, Rise, Rumahati dan Berbagi Peduli.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait