5 Cara Ampuh Menjaga Pola Tidur Untuk Remaja, Olah Raga Hingga Stop Cafein

Sandra Puspita | 7 Maret 2023 | 06:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Semua orang membutuhkan tidur yang cukup, terutama remaja. Mengapa? Karena di usia remaja ada masa pubertas dan pembentukkan organ maupun metabolisme tubuh yang memerlukan energi.

Banyak efek samping yang mulai muncul dan mengganggu kehidupan sehari-hari atau bahkan berakibat di masa depan. Jadi, Bagaimana cara mengatur pola tidur untuk para remaja?

Berikut 5 cara ampuh menjaga pola tidur di usia remaha

1.  Merelaksasi Diri

Foto ilustrasi

Merelaksasikan diri sangat penting untuk membantu tidur jadi lebih cepat. Jika tidak, tubuh akan memproduksi hormon stres (Kortisol) sehingga akan sulit unutk tidur. Merelaksasikan diri dengan cara meregangkan tubuh, meditasi, yoga, dan latihan pernapasan.

2. Matikan Lampu

Matikan lampu ilustrasi

Saat remaja pola tidur sering sekali terganggu dan adanya kesulitan untuk tidur, kamu bisa coba matikan lampu kamar tidur. Karena, saat tubuh terpapar dengan cahaya, produksi hormon tidur (Melatonin) akan terhenti. Jika, jakar tidur menjadi gelap gulita, otak akan memproduksi hormon melatonin sehingga bisa memicu rasa ngantuk.

3. Olah Raga

Olah raga ilustrasi

Salah satu cara memperbaiki pola tidur adalah rutin berolahraga. Karena, sebagian besar jaringan tubuh, termasuk otot rangka, terhubung dengan jam biologis tubuh. Otot akan merespon saat bangun dan tidur, olahraga rutin juga dapat meningkatkan produksi hormon melatonin, sehingga pola tidur malam akan terjaga.

4. Kurangi Bermain Handphone

Main handphone ilustrasi

Saat kamu bermain handphone terlalu lama, maka hal tersebut akan memberikan dampak kepada otak. Karena berpikir bahwa kamu harus beraktivitas seperti disiang hari. Jadi usahakan kasih batasan antara waktu tidur dan bermain handphone, agar kamu bisa tidur dan beristirahat.

5. Kurangi Minuman Berkafein

Kopi ilustrasi

Kurangi atau hindari minuman berkafein berlebih, walaupun kita tahu kafein banyak membawa manfaat. Misalnya, untuk meningkatkan fokus dan meningkatkan energi kita dalam melakukan sesuatu. 

Penulis : Sandra Puspita
Editor: Sandra Puspita
Berita Terkait