4 Cara Meningkatkan Value Diri Agar Tak Dipandang Remeh Orang Lain

Sandra Puspita | 9 Maret 2023 | 05:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Diremehkan atau dipandang sebelah mata sangat melukai hati karena seolah kita tidak ada harganya sama sekali di hadapan mereka. Harga diri kita rasanya diinjak-injak hingga membuat kita kehilangan rasa percaya diri.

Memang, dalam hidup, kita tidak bisa memaksakan orang lain untuk selalu menghargai dan menyukai keberadaan kita.

Walaupun mungkin dalam proses membangun kualitas diri ini tidak mudah, tapi dengan perlahan kita bisa kembali menegakkan kepala dan melajutkan hidup dengan lebih kuat lagi.

Lantas, bagaimana cara menaikan nilai atau value pada diri sendiri? Value adalah nilai yang memandu kita dalam bertindak dan mengambil keputusan dalam karier atau aspek hidup lain

Berikut 4 cara menaikan value agar tidak dipandang remeh orang Lain.

1. Cari Tahu Kenapa Bisa Diremehkan

Apa alasan orang lain meremehkan kamu? apakah memang ada hal yang belum kamu perbaiki dalam diri atau orang tersebut cuma ingin melukai dan menyudutkan kamu saja? Kamu bisa cari tahu terlebih dahulu agar kamu tidak kebingungan gimana cara menghadapi situasi tidak nyaman ini.

2. Lawan Rasa Takut

Rasa takut bisa jadi cara meningkatkan kualitas diri yang paling powerful! Karena rasa takut adalah motivator ulung karena membuat seseorang jadi tidak nyaman, ingin berubah, dan menjadi lebih baik. Walaupun rasa takut juga bisa membuat seseorang lari dari kenyataan, stres dan terjerumus ke hal-hal yang negatif.

3. Kembangkan Kemampuan

Banyak orang di usia muda menggapai tinggi passionnya. Walaupun tidak salah, prioritas utama seharusnya ada di pengembangan diri. Kamu bisa mengasah hard skill dan soft skill kamu. Kamu bisa mengasah kemampuan spesifik dimulai dari pekerjaan tertentu seperti pendidikan dan kamu bisa mengasah kemampuan bersosialisasi dengan beradaptasi dilingkukan baru.

4. Selalu Berpikir Positif

Mempunyai Mindset positif tidak datang dengan sendirinya, tetapi bisa dilatih supaya terbentuk dan menjadi identitas diri sepenuhnya. Pikiran yang positif dan yakin pada kemampuan dirimu sendiri bisa bikin kamu lebih pede menghadapi apa pun, termasuk saat berinteraksi dengan teman dan orang-orang sekitarmu.

Penulis : Sandra Puspita
Editor: Sandra Puspita
Berita Terkait