3 Penyebab Kucing Sering Berkelahi

Sandra Puspita | 11 Maret 2023 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kucing termasuk hewan yang terbilang manja pada pemiliknya. Namun, hewan berbulu ini terkadang tidak mudah akrab dengan sesamanya yang menimbulkan perkelahian.

Perkelahian pada kucing adalah hal biasa terjadi, tetapi kebanyakan orang tidak tahu penyebab dan alasan kenapa hal ini bisa terjadi.

Pada saat kucing mulai mendesis dan mencakar satu sama lain, tentu kamu akan bertanya-tanya apa alasannya hal ini bisa terjadi. Selain penyebabnya, tentu kamu juga perlu tahu cara untuk meminimalisir masalah ini, kalau didiamkan lama akan berdampak buruk pada kesehatan kucing kamu.

Berikut 3 penyebab kucing berkelahi:

1. Masalah Wilayah

kucing termasuk hewan teritorial dan akan berjuang untuk mempertahankan area yang diyakini miliknya. Memang, masalah ini paling sering terjadi di luar rumah akibat kucing lain yang merebut wilayahnya. Kucing kerap menandai wilayahnya dengan aroma dan beberapa sudut rumah tanpa terkecuali. Nah, jika memiliki lebih dari satu kucing, bukan tidak mungkin hal ini tidak terjadi saat kamu tidak sedang mengawasinya.

2. Agresif

Beberapa kucing biasanya berubah menjadi agresif, terlebih jika jenis kelaminnya jantan. Secara tiba-tiba kucing ini dapat mengajak kucing lain berkelahi dan juga mendominasi kucing betina. Kucing mungkin perlu menunjukkan seberapa agresifnya dengan perkelahian pada rekan di rumahnya atau dengan kucing asing.

3. Insicure Dengan Kucing Lain

Mereka tidak membenci kucing baru, mereka hanya takut padanya dan perlu waktu untuk mengetahui bahwa kucing baru itu tidak berbahaya. Kamu juga perlu memberikan waktu yang cukup bagi mereka untuk terbiasa dengan aroma dan kehadiran satu sama lain, dan memastikan setiap kucing memiliki makanan, kotak kotoran, dan tempat persembunyian untuk membantu menghindari konflik.

Penulis : Sandra Puspita
Editor: Sandra Puspita
Berita Terkait