Lawan Stigma Terhadap Menstruasi, Softex Luncurkan Film Pendek Ana & The Red Wings

Binsar Hutapea | 12 Maret 2023 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - UNICEF Indonesia bekerja sama dengan Softex untuk membantu anak perempuan di Indonesia Timur mematahkan stigma yang melekat pada menstruasi serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya akses kesehatan dan kebersihan menstruasi. 

Kampanye sosial ini diluncurkan dengan film pendek Ana & The Red Wings dan pameran karya seniman lokal, Ika Vantiani dan Rachel Ajeng. Ana & The Red Wings merupakan film pendek yang terinspirasi dari pengalaman menstruasi pertama para remaja putri di Indonesia Timur. Sementara  pameran karya Ana & The Red Wings melibatkan seniman lokal Ika Vantiani dan Rachel Ajeng. 

Presiden Direktur PT Softex Indonesia Kadir Gunduz antusias bisa kembali bekerjasama dengan UNICEF Indonesia. “Kami sangat senang dapat bekerjasama kembali dengan UNICEF Indonesia. Sebelumnya, program ini telah membawa dampak positif bagi remaja putri di daerah Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Timur.  Kami berharap kemitraan ini dapat membangun kesadaran masyarakat tentang masalah seputar Manajemen Kesehatan Menstruasi (MKM) serta meningkatkan kesejahteraan remaja di wilayah Indonesia Timur," ungkapnya. 

Softex juga memberikan bantuan sebesar 15 miliar rupiah kepada UNICEF Indonesia untuk program penyediaan akses fasilitas air bersih, sanitasi, dan kebersihan, serta meningkatkan kualitas hidup remaja putri di Indonesia. Kerja sama ini bertujuan untuk membantu 10.000 remaja putri di Indonesia Timur mengelola menstruasi mereka dengan aman dan higienis, serta membantu 80.000 orang untuk hidup dalam lingkungan yang bersih dan higienis hingga tahun 2024. 
UNICEF Indonesia mengungkapkan bahwa kurangnya pemahaman tentang kesehatan dan kebersihan menstruasi dapat mengganggu kinerja remaja putri di sekolah dan memicu stres dan rasa malu yang tidak perlu. “Dalam kasus yang jarang terjadi, bahkan dapat menyebabkan kehamilan yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, pengetahuan yang benar tentang menstruasi penting bagi remaja putri – dan juga laki-laki. “Softex merupakan salah satu mitra setia UNICEF Indonesia yang turut berkontribusi dalam mengatasi krisis menstruasi di tengah masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan kualitas hidup remaja putri di wilayah timur Indonesia,” ujar Gregor Henneka selaku Direktur Penggalangan Dana dan Kemitraan UNICEF Indonesia.

Sebagai informasi, sejak tahun 2019, Softex mendukung UNICEF Indonesia melalui kampanye sosial #DariSaudari yang telah berhasil menjangkau 44.000 remaja putri dan 1.327 sekolah di Indonesia Timur dan mengkomunikasikan perilaku hidup bersih dan praktik manajemen kebersihan menstruasi di Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Timur. 

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait