Bahaya Penggunaan Earphone saat Tidur dengan Jangka Waktu Lama

Siti Adisya Kirana | 14 Maret 2023 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Mendengarkan musik melalui earphone saat tidur dengan bunyi yang tinggi dan dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan gangguan pendengaran akibat bising yang dibuat.

Sebagai panca indera yang berfungsi menangkap suara, telinga memiliki batas maksimal suara  yang dapat ditolerir agar kesehatan telinga tetap terjaga.

Dilansir dari Pusat Alat Bantu Dengar, beragamnya suara yang masuk ke telinga kita setiap hari secara tidak disadari memiliki potensi untuk menurunkan kualitas pendengaran. Namun, penurunan kualitas atau kemampuan mendengar ini sering luput dari perhatian karena proses terjadinya yang bertahap.

Selain itu, kita sudah sangat terbiasa mendengar suara-suara bising di sekitar kita karena kita menganggap hal tersebut adalah bagian dari aktivitas sehari-hari. Padahal, suara kendaraan bermotor di jalan raya, suara mesin-mesin di lingkungan sekitar, bahkan suara tangisan bayi dapat merusak pendengaran jika telinga terpapar suara-suara tersebut melebihi waktu yang disarankan.

Maka, agar indera pendengaran kita senantiasa terjaga, kita perlu mengetahui ambang batas pendengaran yang dapat ditolerir oleh telinga.

Umumnya, suara dengan intensitas 30 – 50 dB adalah suara yang aman untuk didengar oleh telinga manusia, contohnya seperti suara orang yang sedang bercakap-cakap. dB adalah singkatan dari desibel, yakni satuan ukuran untuk intensitas suara. Telinga akan terasa sakit jika mendengar suara >90 dB.

Gangguan pendengaran yang disebabkan oleh penggunaan earphone dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti durasi dan frekuensi penggunaan earphone, tingkat volume yang dipilih, serta kebisingan lingkungan saat menggunakan earphone. Semakin besar volume yang kita gunakan, maka frekuensi dan durasi penggunaan earphone harus kita kurangi. 

Oleh karena itu, sebaiknya kita tidak menggunakan earphone lebih dari 1 jam setiap harinya dan dengan volume lebih dari 60 persen agar tidak terjadi gangguan pendengaran pada telinga kita.

Bahkan, jika penggunaan earphone terlalu lama, sering, dan volumenya terlalu keras maka lama kelamaan kemampuan pendengaran akan berkurang, bahkan berisiko tuli jika melampaui batas. Ini masih sekedar dugaan, gelombang elektromagnetik earphone juga bisa menyebabkan kerusakan otak.

Penulis : Siti Adisya Kirana
Editor: Siti Adisya Kirana
Berita Terkait