Jangan Asal Memilih Kosmetik, Penting Ketahui Kredibilitas Produk

Redaksi | 20 Maret 2023 | 11:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menjamurnya beragam brand kosmetik di Indonesia, membuat masyarakat bingung dalam memilih produk yang tepat dan aman untuk dipakai. Industri produk kosmetik yang berkembang pesat saat ini menyebabkan semakin riuhnya klaim terhadap produk yang berpotensi menyebabkan kebingungan konsumen dalam memilih produk dan menurunkan loyalitas terhadap suatu merek.

Skinproof (PT Derma Lab Asia) yang berfokus pada riset konsumen dan pengujian produk di industry kosmetik, kecantikan, wellness, dan perawatan pribadi, menggelar diskusi edukatif dengan para beauty enthusiasts mengenai pentingnya kredibilitas produk di tengah maraknya kompetisi pasar kosmetik.

Alfons Sindupranata memperkenalkan Skinproof sebagai salah satu anak perusahaan Arya Noble, yang telah dipercaya oleh berbagai perusahaan ternama untuk melakukan uji coba kosmetik dan riset konsumen untuk mengembangkan produk yang kredibel, dan dapat menjadi game-changer di pasar kosmetik yang terus berkembang.

“Kami bergerak secara independen dan netral, sehingga secara integritas tidak perlu diragukan,” ujarnya dalam Skinproof Workshop: The Importance of Product Credibility di Treasury Tower, SCBD Jakarta, belum lama ini.

Alfons berharap dengan edukasi yang tepat, masyarakat khususnya cosmetic-enthusiasts akan semakin aware akan pentingnya kredibilitas produk, sehingga dapat memilih produk yang tepat dan bermanfaat bagi kulit. 

Bicara mengenai kredibilitas produk, Theresia Sinandang S. Farm, Head of Skinproof, memaparkan potensi pertumbuhan industri kosmetik dan pentingnya memahami produk dari sumber yang kredibel dan terpercaya.

Dengan begitu beragamnya produk kosmetik, masih banyak konsumen yang belum memahami apakah produk yang mereka gunakan sesuai dengan kebutuhan kulitnya atau tidak.  

Menurut Theresia, klaim pada produk merupakan alat marketing yang sangat powerful namun harus dapat dipertanggung jawabkan. “Setiap produk kosmetik dan perawatan kulit memiliki klaimnya masing-masing, seperti “Membersihkan”, “Menghilangkan”, “Menyamarkan”, atau “Hypoallergenic”, sehingga klaim produk dari produsen merupakan salah satu pertimbangan penting bagi  konsumen dalam memilih produk. Oleh sebab itu, produsen kosmetik harus dapat memberikan klaim produk yang akurat pada kemasan agar tidak menyesatkan konsumen,” ujar Theresia.  

“Dalam menentukan product claim perlu dilakukan riset dan analisa mendalam untuk memastikan bahwa kandungan pada produk tersebut memiliki kadar yang tepat untuk memberikan hasil pada penggunanya,” tambah Apt. Ike Indrawanti, S. Farm.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait