4 Alasan Seseorang Bersifat Tertutup dan Pendiam

Sandra Puspita | 21 Maret 2023 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Di dunia ini, kamu pasti menemukan seseorang yang memiliki sifat tertutup dan pendiam, atau justru kamu sendiri yang punya sifat tersebut? Orang tipe ini sering disebut introvert. Di balik sikap pendiam dan tertutup seseorang, pasti ada alasannya. Tapi apa alasan seseorang mempunyai sifat tertutup dan pendiam? Mungkin ini penyebabnya.

1. Kepribadian

Alasan mengapa seseorang memiliki sikap tertutup dan introvert tentunya karena karakternya. Dia tidak banyak bicara, tidak banyak bertindak, tidak terlalu ekspresif, dan lebih suka mencari tahu sendiri, dia pasti lebih nyaman. Bukan karena dia anti sosial, atau dia ingin mengabaikan orang, hanya saja dia lebih suka melakukan sesuatu sendiri. Bahkan ketika mereka merasa bahagia, introvert tidak menunjukkan ledakan kebahagiaan.

2. Pengaruh Keluarga

Seringkali lingkungan di sekitar kita memiliki pengaruh yang besar terhadap sikap kita di kemudian hari. Lingkungan keluarga, persahabatan atau masa kanak-kanak dapat membentuk karakter kita sebagai orang dewasa, termasuk sikap pendiam dan tertutup.

3. Self-esteem Rendah

Orang-orang dengan kepercayaan diri (self-esteem) yang rendah mudah meragukan diri sendiri, merasa tidak layak mendapatkan sesuatu dan bahkan menyerah sebelum mencoba. Seringkali ia tak mau terbuka dan menceritakan isi hatinya karena dia pikir itu tidak akan menarik atau penting untuk didengarkan orang lain.

4. Efek Trauma Masa Lalu

Alasan orang bisa bersikap tertutup dan pendiam adalah trauma masa lalu. Mungkin kamu orang yang ceria, penuh semangat dan murah senyum tiga tahun yang lalu sebelum dikhianati. Sekarang kamu menjadi sosok yang lebih tertutup karena belum bisa terima trauma di masa lalu, dan belum selesai menyembuhkan luka hatimu.

Penulis : Sandra Puspita
Editor: Sandra Puspita
Berita Terkait