Kini Ada Pusat Jantung Anak dan Bawaan di Mandaya Royal Hospital Puri

Indra Kurniawan | 23 Mei 2023 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Mandaya Royal Hospital Puri baru-baru ini meresmikan pusat jantung anak dan penyakit jantung bawaan bersamaan dengan seminar medis yang digelar bersama Rumah Sakit asal Inggris, Royal Brompton and Harefield Hospitals.

President Director Mandaya Hospital Group, dr. Benedictus Widaja menyampaikan peluncuran pusat jantung anak merupakan dukungan terhadap program pemerintah dalam memperluas akses dan layanan bagi masyarakat Indonesia terhadap penanganan penyakit jantung bawaan khususnya pada anak, yang masih cukup jarang di Indonesia.

“Terdapat lebih dari 12 ribu bayi dengan penyakit jantung bawaan di Indonesia, Mandaya Royal Hospital Puri hadir dalam memenuhi kebutuhan fasilitas pelayanan yang dapat menangani penyakit jantung anak seperti bocor jantung, aritmia, ASD, VSD, PDA hingga TOF yang cukup banyak dialami bayi dan anak," ungkap dr. Ben Widaja.

dr. Ben Widaja menambahkan Mandaya Royal Hospital Puri merasa beruntung didukung oleh tim dokter jantung anak yang dipimpin seorang dokter senior yaitu dr. Anna Ulfah, Sp.JP (K) Ped. Tim ini berjumlah 9 dokter jantung yang terdiri dari konsultan jantung anak intervensi, pemetaan jantung anak, konsultan anastesi jantung, hingga bedah jantung anak.

"Tidak hanya itu Mandaya Hospital juga memiliki fasilitas pendukung seperti Cathlab terbaru, NICU, Ruang Operasi Bedah Jantung, Cardiac MRI, Cardiac Spectral CT-Scan, Echocardiography 3D, dll," lanjut dr. Ben Widaja.

Seminar medis kali ini dihadiri oleh dokter spesialis jantung anak seluruh Indonesia yang tergabung dalam organisasi PERKANI serta berbagai praktisi medis yang tertarik dalam penanganan jantung anak dan penyakit jantung bawaan. Acara ini merupakan seminar internasional lanjutan yang diadakan oleh Mandaya Hospital Group, yang sebelumnya berkolaborasi dengan salah satu rumah sakit terbaik dari Amerika yaitu Cleveland Clinic. 

“Dengan kolaborasi medis tingkat internasional ini membuktikan bahwa kualitas kesehatan kita tidak berbeda jauh dengan luar negeri. Kita harus berbangga dokter-dokter kita dianggap sangat mampu dan mumpuni menangani penyakit jantung anak yang sulit, seperti bayi biru, TOF dan bocor jantung," beri tahu dr. Ben Widaja.

"Bahkan pada kesempatan terdahulu Mandaya Royal Hospital juga dipuji oleh dokter yang berasal dari RS Cleveland Clinic Amerika. Beliau mengatakan Indonesia sangat beruntung memiliki peralatan medis secanggih ini bahkan setingkat RS Cleveland Clinic yang merupakan nomor dua  terbaik di dunia saat ini,” tambahnya. 

Pada kesempatan yang sama, pemilik Mandaya Hospital Group, Dr. Edhijanto Widaja Taufik meresmikan Widaya Foundation, sebuah yayasan yang berfokus pada pengembangan sumber daya manusia dan riset kesehatan di bidang jantung, kanker, saraf, terapi genomik, terapi nuklir, penelitian stem cell, dan pengobatan presisi.

“Widaya Foundation bertujuan untuk menciptakan pusat pengetahuan dan inovasi kesehatan, dimana praktisi medis kita akan memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan profesional medis global, berpartisipasi dalam penelitian mutakhir, dan mendapatkan pengalaman langsung dengan teknologi medis terbaru guna menghadirkan pilihan pengobatan terbaru untuk penyakit-penyakit yang berat seperti kanker dan beberapa penyakit yang diakibatkan penuaan seperti Alzheimer, Gagal Organ, dll," jelas Dr. Edhijanto Widaja Taufik.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait