Gunakan Metode Play Based Learning, Gaya Mendidik Stephanie Hertanto Disorot  

Ari Kurniawan | 4 Juni 2023 | 16:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Memiliki anak adalah anugerah bagi orang tua. Dengan hadirnya media sosial, banyak orang tua membagikan momen menggemaskan anak mereka. Selain itu, beberapa dari pengguna media sosial berbagi tips mendidik anak.

Begitu pula yang dirasakan Stephanie Hertanto, seorang ibu dan konten kreator yang selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk dua anaknya sering membagikan potret kedua anaknya. Gaya mendidik Stephanie Hertanto banyak mendapat sorotan karena dirasa menyenangkan dan efektif.

Selain itu, Stephanie Hertanto juga kerap membagikan tingkah menggemaskan kedua anaknya di Instagram @stephanie.hertanto yang sudah memiliki lebih dari 200 ribu pengikut serta di Tiktok @steph.hertanto dengan lebih dari 100 ribu pengikut.

Viola Serafina Kalinda (Sera) dan Ilona Olivia Sunny (Sunny), kedua anak Stephanie Hertanto dan suaminya, Lionard Saputra, atau yang sering disapa dengan Daddy Lio. Banyak yang memuji Sera dan Sunny saat Stephanie membagikan potret anaknya ataupun ketika ia mengunggah video anak-anak sedang belajar sambil bermain.

Tak hanya membagikan keseharian anak-anaknya, Stephanie Hertanto juga sering mengunggah gaya mendidik anaknya. Stephanie menggunakan konsep play based learning, karena menurutnya cukup efektif untuk menumbuhkan curiosity anak.

Metode mendidik play based learning tak hanya menimbulkan curiosity anak dengan baik, tetapi mereka tidak akan merasa belajar adalah hal yang dipaksakan, karena metode tersebut sangat menyenangkan bak bermain.

Ia berpesan untuk para ibu untuk tetap bersabar dan tenang, serta jangan terlalu memaksakan anak untuk melakukan sesuatu.

"Bersabar dan tenang. Jangan memaksa anak untuk melakukan sesuatu,” terang Stephanie.

Hal tersebut karena anak merupakan peniru yang handal sehingga sebagai seorang ibu diharapkan untuk selalu menunjukkan sisi baik pada anak-anak.

"Jadi role model yang baik. Karena anak itu peniru yang ulung,” Stephanie Hertanto menjelaskan.

Lebih lanjut, sebaiknya ibu-ibu membiarkan anak-anak mereka belajar dari pengalamannya dan tak perlu terlalu banyak memuji karena yang terpenting adalah proses.

“Biarkan anak-anak learning by doing atau belajar dari pengalaman, misalnya dia terjatuh, kita nasehati kalau tidak berhati-hati dia akan terjatuh, harus hati-hati lain kali dan tidak diulangi,” tutur Stephanie.

"Jangan terlalu memuji anak saat ia berhasil, kita harus lihat prosesnya juga,” tambahnya.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait