7 Alasan Paling Umum yang Membuat Orang Takut Jatuh Cinta

Alam Mary | 10 Desember 2023 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Perasaan jatuh cinta biasanya akan membawa seseorang menuju hubungan yang lebih mengikat. Apakah itu sekadar pacaran, pertunangan, atau bahkan pernikahan, yang pasti akan ada komitmen di dalamnya. Uniknya, bayangan komitmen inilah yang membuat sebagian orang memilih berhenti di rasa suka semata. Boro-boro berpikir tentang pernikahan, membiarkan dirinya jatuh cinta saja tidak.

Melansir Psychology Today, terdapat 7 alasan paling umum yang membuat seseorang takut untuk jatuh cinta. Apakah Anda termasuk salah satunya yang sedang merasa berat untuk jatuh cinta? Mungkin hal-hal berikut ini yang menjadi penyebabnya

1. Cinta membuat kita jadi merasa lemah

Ketika jatuh cinta, itu artinya kita membuka diri untuk memengaruhi dan dipengaruhi. Dan dalam hubungan dengan orang asing, banyak penyesuaian yang harus dilakukan termasuk segala risikonya. Oleh sebab itu perasaan jatuh cinta sering dibarengi dengan perasaan cemas, khawatir, lelah, kewalahan, dan lain-lain. Seseorang yang tidak mau dirinya direpotkan dengan hal-hal yang melemahkan akan memilih untuk tetap melajang.

2. Cinta membangkitkan luka masa lalu

Saat mendapatkan cinta, secara alami seseorang akan membandingkannya dengan pengalaman di masa lalu. Terutama hal-hal terkait hubungan yang menyakitkan. Adanya kemungkinan jika luka masa lalu ini akan membayangi dan menghantui di masa depan membuat orang memutuskan urung jatuh cinta.  

3. Cinta membuat kita bisa kehilangan jati diri 

Saat masih lajang, seseorang memiliki kebebasan penuh untuk mengontrol dirinya sendiri. Jam kerja yang sesuka hati, pengeluaran yang sesuai kebutuhan pribadi, gaya hidup yang fleksibel sesuai kata hati, dan lain-lain. Dan hal-hal semacam ini akan sulit dipertahankan dalam hubungan yang disertai komitmen. Semua akan berubah seiring waktu. Tidak mungkin bisa sama persis dengan saat melajang.

4. Bersamaan dengan rasa bahagia, akan datang juga rasa sakit akibat cinta

Mungkin Anda bisa jadi beruntung mendapatkan cinta yang sejati. Akan tetapi Anda tahu pasti bersamaan dengan itu akan muncul juga perasaan sakit. Sakit jika kelak harus ditinggalkan, sakit jika ternyata semua berjalan tak seperti yang dibayangkan, dan lain-lain. 

5. Cinta seringnya tidak setara

Perasaan cintanya mungkin berbalas. Namun kadarnya tidak akan pernah sama persis. Kemungkinan ada salah satu pihak yang perasaan cintanya lebih besar atau lebih kuat. Hal ini bisa menimbulkan perasaan tidak bahagia, terutama jika perasaan cinta yang diberikan tak berbalas dengan seimbang. 

6. Hubungan cinta dapat merusak hubungan keluarga

Seberapa sering kita mendengar hubungan orang tua dan anak yang jadi jauh setelah adanya pernikahan? Bagi mereka yang semasa lajangnya diisi dengan pengabdian dan kebahagiaan bersama orang tua, ada kalanya merasa tidak sanggup kalau harus kehilangan semua itu.

7. Cinta membangkitkan perasaan takut yang terpendam

Paling sering terjadi setelah tahap memiliki adalah perasaan takut kehilangan. Karena kita tahu pasti, tidak ada yang abadi di dunia ini. Jadi, mereka yang takut jatuh cinta pada prinsipnya memilih untuk tidak pernah memiliki saja ketimbang nantinya hilang jua.

Penulis : Alam Mary
Editor: Alam Mary
Berita Terkait