Melakukan 5 Hal Ini Setelah Pukul 7 Malam Bakal Mengubah Hidup Anda, Coba Deh!

Binsar Hutapea | 11 Desember 2023 | 07:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak orang cenderung menghabiskan waktu malam hari dengan melihat media sosial, menonton TV, atau bekerja sampai larut. Padahal, malam adalah kesempatan unik untuk bersantai, merenung, dan menyiapkan diri untuk hari berikutnya. 

Karenanya, melakukan sejumlah kebiasaan tertentu pada malam hari dapat berdampak besar pada kesejahteraan mental, produktivitas, dan kepuasan hidup. Berikut adalah lima hal yang sebaiknya Anda lakukan setelah pukul 7 malam untuk merubah hidupmu menjadi lebih baik.

Merenung
Merenung bisa membantu Anda belajar dari pengalaman. Sisihkan waktu sejenak untuk merenungkan apa yang terjadi hari ini, pertimbangkan pencapaian, tantangan yang dihadapi, dan pelajaran yang didapat. Merenung membantu Anda memahami pengalaman yang telah terjadi, mendorong pertumbuhan pribadi, dan meningkatkan kesadaran diri. Sebaiknya, catat pemikiran Anda dalam jurnal untuk menyimpan catatan kemajuan Anda. Menulis jurnal juga bisa membantu melepaskan emosi negatif, mengatasi stres, dan meningkatkan suasana hati.

Kurangi bermain gadget
Kita hidup di era digital di mana kita terus-menerus dibombardir informasi. Meski bermanfaat, teknologi dapat juga membuat kecanduan dan ini bisa mengganggu. Maka, cobalah lepaskan diri dari terus menatap layar. Batasi menggunakan ponsel, komputer, dan televisi. Lebih baik, alihkan perhatian ke kegiatan analog seperti menggambar, melukis, atau memasak. Aktivitas yang melibatkan tangan tidak hanya menyegarkan mata tetapi juga mengistirahatkan mental, menciptakan lingkungan santai, dan meningkatkan kreativitas. Penelitian menunjukkan bahwa mengurangi waktu bermain ponsel, komputer dan menonton televisi bisa memberikan banyak manfaat, mulai dari kesehatan mata hingga sistem saraf.

Rencanakan Hari Esok
Merencanakan sesuatu bisa menghemat waktu, energi, dan mengurangi stres. Luangkan waktu sebentar untuk merencanakan kegiatan besok. Anda bisa membuat daftar tugas atau mencatat tujuan Anda. Merapikan pikiran dan tugas membantu kamu mengatur hari, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan produktivitas. Selain itu, hal ini biasa membebaskan pikiran dari kekhawatiran tentang melupakan tugas penting, yang dapat mendukung tidur yang lebih nyenyak. Penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dapat meningkatkan motivasi dan tingkat pengaturan diri.

Bernapas
Lakukan latihan pernapasan dalam, yoga, atau meditasi untuk menghilangkan kegelisahan dalam diri Anda. Praktik ini dapat mengurangi stres, menstabilkan detak jantung, dan membuat tidur lebih nyenyak. Studi menunjukkan bahwa menyertakan latihan pernapasan dalam rutinitas harian Anda bisa meningkatkan suasana hati, meningkatkan fokus, dan memperkuat daya ingat.

Membaca
Membaca merupakan hal yang luar biasa untuk pertumbuhan pribadi dan profesional Anda. Tenggelam dalam buku fiksi atau buku pendidikan, setiap halaman memperluas cakrawala Anda, memperkaya kosakata Anda, dan mengasah pemikiran Anda. Selain itu, membaca buku melatih kecerdasan emosional Anda, membuat Anda lebih empatik, dan meningkatkan kemampuan sosial ; ini memungkinkan Anda terhubung dengan karakter dan skenario yang beragam. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa membaca dapat mengurangi stres, mengurangi perasaan depresi, dan meningkatkan kebahagiaan dan kepuasan secara keseluruhan, dan juga mengurangi risiko demensia.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait