8 Mitos Tentang Tidur yang Tak Boleh Anda Percaya Lagi, Apa Saja?

Fadila Nurul Azizah | 13 Februari 2024 | 10:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tidur sangat penting untuk memulihkan energi setelah hari yang melelahkan. Tapi, di tengah informasi yang bertebaran, seringkali kita bingung mengenai tidur.

Ada beberapa mitos tentang tidur yang terdengar aneh dan bikin khawatir. Meskipun ada sebagian di antaranya benar, yuk kita bandingkan mitos tidur dengan fakta ilmiahnya agar lebih jelas!

1. Jumlah tidur yang tepat adalah 8 jam
Biasanya dikatakan waktu tidur yang tepat adalah 7 hingga 9 jam . Namun menurut Badan Pencegahan Penyakit dan Promosi Kesehatan AS, jumlah tidur yang sehat untuk orang dewasa adalah minimal 7 jam.

Oleh karena itu, tidak masalah jika waktu tidurnya sedikit lebih pendek atau lebih lama dari tepat 8 jam. Namun, terlalu banyak tidur juga tidak baik.

Jika Anda merasa cemas atau khawatir dalam mengatur jadwal tidur, jangan terlalu terobsesi, karena hal ini dapat menyebabkan gangguan yang disebut ortosomnia.

2. Alangkah buruknya jika Anda terbangun di tengah tidur Anda
Ada sebagian orang yang percaya bahwa Anda tidak bisa tidur kecuali Anda tidur selama 8 jam berturut-turut. Hal ini bukanlah suatu kekhawatiran yang serius. Anda mungkin mengalami terbangun singkat dan halus di malam hari selama beberapa detik, namun ketika Anda kembali tidur, Anda bahkan tidak akan mengingat apa pun.

Saat terbangun sebentar, orang tersebut mungkin berguling-guling untuk menstabilkan dirinya, tetapi biasanya tidak ingat. Bangun kecil tidak berpengaruh signifikan terhadap istirahat, asalkan kembali tidur tidak memakan waktu terlalu lama.

3. Tidur lebih lama tak selalu lebih sehat
Di antara orang-orang yang gemar tidur, terdapat keyakinan tidak berdasar bahwa tidur lebih lama dapat membuat hidup lebih sehat. Namun, hasil penelitian sebenarnya justru sebaliknya.

Tidur terlalu banyak sama berbahayanya dengan tidak tidur sama sekali. Tidur terlalu lama telah dikaitkan dengan kematian dini, pengobatan sendiri, dan berbagai masalah kesehatan.

Semakin lama Anda tidur, semakin pendek waktu aktivitas Anda sehingga meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, tidak makan tepat waktu dapat menyebabkan perubahan metabolisme .

4. Mitos tentang tidur: Waktu tidur bisa diubah
Jam tidur tetap itu penting, bukan cuma durasinya. Kita sebaiknya tetap tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

Anda mungkin mengira tidak ada masalah tidur larut malam jika Anda hanya tidur selama 8 jam, namun sebenarnya hal tersebut bukanlah perilaku yang bermanfaat karena tubuh Anda harus beradaptasi dengan perubahan waktu yang tiba-tiba. Secara khusus, penelitian menunjukkan bahwa remaja dapat mengganggu ritme sirkadiannya jika mereka tidak hidup teratur .

5. Menonton TV sebelum tidur
Nonton TV sebelum tidur bikin tegang, enggak bagus buat tidur. Lebih baik hindari main gadget dan nonton TV sebelum tidur, biar tidurnya lebih nyenyak.

6. Mendengkur bukanlah pertanda tidur nyenyak
Mendengkur saat tidur mungkin memberikan kesan bahwa Anda sedang tidur nyenyak, namun justru dapat menyulitkan orang yang berbagi kamar untuk tidur.

Selain itu, mendengkur juga dikaitkan dengan sleep apnea, sehingga mungkin tidak berbahaya bagi kebanyakan orang.

7. Minum alkohol sebelum tidur
Ada mitos yang tidak berdasar bahwa jika Anda minum alkohol, Anda akan cepat tertidur. Banyak orang yang percaya bahwa minum sebelum tidur bisa meredakan ketegangan dan stres.

Penelitian menunjukkan bahwa masalah tidur lebih sering terjadi pada pecandu alkohol. Ini karena alkohol mengurangi insomnia dan total waktu tidur.

8. Kurang tidur berhubungan sama banyak masalah kesehatan
Penelitian telah menunjukkan korelasi kuat antara tidur dan kesehatan mental dan fisik secara keseluruhan. Akibatnya, kurang tidur dikaitkan dengan berbagai gangguan kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, stres, penyakit kardiovaskular, serta penambahan berat badan .

Durasi tidur juga berhubungan dengan umur panjang. Studi ilmiah menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari tujuh jam semalam mungkin memiliki peningkatan risiko kematian dini karena setiap jam mereka kurang tidur.

Meskipun banyak mitos tentang tidur, istirahat yang baik tetap penting. Tidur yang nyaman dan teratur jadi idaman banyak orang. Sayangnya, semakin banyak orang mengalami masalah tidur.

Kurang tidur bisa bikin capek, stres, tambah berat badan, ganggu kesehatan, susah konsentrasi, dan performa kerja buruk. Jadi, penting banget tahu cara tidur yang baik tanpa percaya mitos yang bisa lebih merugikan daripada membantu.

Penulis : Fadila Nurul Azizah
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait