5 Negara dengan Waktu  Puasa Terpanjang Saat Ramadan

Siti Adisya Kirana | 22 Maret 2024 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Semua muslim di seluruh dunia melakukan puasa selama bulan Ramadan yang menjadikannya bulan istimewa bagi mereka.

Berpuasa adalah ibadah yang menahan keinginan untuk makan dan minum dari terbit matahari hingga terbenam matahari. Sehingga waktu saat berpuasa ditentukan oleh rotasi bumi yang mengakibatkan perbedaan waktu. 

Hal ini menyebabkan beberapa negara berpuasa lebih lama dari biasanya, seperti Indonesia yang berpuasa selama 13 jam setiap harinya.

Berbeda dengan negara-negara yang memiliki waktu lebih lama dari Indonesia, bahkan terdapat negara yang berpuasa dalam waktu 17 jam. 

Dilansir dari Good Stats pada (22/3), inilah negara-negara di seluruh dunia yang memiliki waktu berpuasa paling lama :

1. Greenland

Greenland adalah wilayah di bagian utara Bumi,  terletak di antara Samudra Atlantik Utara dan Samudra Arktik dan sebagian besar wilayahnya terdiri dari es dan gletser.

Meskipun populasinya relatif kecil, Greenland memiliki kekayaan alam yang luar biasa, terutama dalam sumber daya mineral dan ikan.

Greenland adalah negara terlama untuk berpuasa, yakni dengan waktu 17 jam 52 menit per hari.

2. Islandia

Islandia adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Atlantik Utara antara Greenland dan Norwegia. Negara ini memiliki gletser, gunung berapi, dan mata air panas yang unik.

Islandia adalah negara maju dengan industri pariwisata, perikanan, dan energi geotermal yang signifikan. Selain itu, negara ini memiliki sistem pendidikan dan kesejahteraan sosial yang sangat baik.

Dengan total waktu 17 jam 25 menit per hari, Islandia adalah negara kedua yang paling lama berpuasa.

3. Finlandia 

Finlandia adalah sebuah negara di Eropa Utara. Karena memiliki musim dingin bersalju dan musim panas yang cerah dengan hutan dan danau yang indah, pemandangan alam negara ini sangat menarik wisatawan.

Finlandia adalah negara maju dengan sistem pendidikan yang sangat baik dan inventif, pemerintahan yang stabil, dan tingkat kesejahteraan masyarakat yang tinggi.

Dengan waktu puasa terlama 17 jam 9 menit per hari, Finlandia menempati posisi ketiga.

4. Norwegia

Seperti negara-negara sebelumnya, Norwegia terletak di Semenanjung Skandinavia di Eropa Utara. Negara tersebut memiliki gunung-gunung, danau, dan salju yang indah di musim dingin.

Norwegia memiliki ekonomi yang stabil dengan sektor industri minyak dan gas yang kuat serta didukung oleh sumber daya alam yang melimpah.

Norwegia adalah negara dengan waktu puasa terlama keempat, dengan 16 jam 54 menit per hari.

5. Skotlandia

Negara yang masih bagian dari Kerajaan Britania Raya, terletak di ujung utara Pulau Britania. Negara ini memiliki sejarah, budaya yang kaya, warisan Celtic, Viking, serta pengaruh Inggris yang kuat, negara ini sangat menarik.

Skotlandia memiliki sektor pariwisata yang besar, industri minyak dan gas, serta produksi whiskey yang terkenal.

Skotlandia adalah salah satu negara dengan waktu terlama menjalankan ibadah puasa, yang berlangsung sekitar 16 jam 7 menit.

Penulis : Siti Adisya Kirana
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait