Lagi Tren, Ini yang Harus Dilakukan Saat Mengenakan Busana Abaya Oversized

Alam Mary | 26 Maret 2024 | 13:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Abaya diperkirakan akan menjadi tren pada Lebaran 2024 nanti. Abaya yang berasal dari Timur Tengah ini memiliki ciri khas ukuran baju yang longgar dan panjang. Namun tahun ini, abaya yang semakin oversized atau melebihi ukuran standar bahkan akan semakin digemari.

Bagi Anda yang tertarik berbusana abaya dan kebetulan belum membelinya untuk dikenakan saat Lebaran nanti, ada baiknya lebih dulu memperhatikan dos and don't-nya. Ada beberapa poin penting terkait yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat mengenakan abaya. Berikut ini aturan mainnya seperti dilansir dari Jubbas Lifestyle.

1. Perhatikan kualitas sulaman dan bebatuan pada abaya

Cukup umum jika abaya dipercantik dengan sulaman dan manik-manik dari bebatuan. Namun hiasan semacam ini berisiko rusak jika dikenakan dengan gegabah.

Misalnya, karena tidak terbiasa mengenakan busana yang ukurannya kebesaran. Dan bagian hiasan yang rusak akan menurunkan nilai estetik dari abaya tersebut secara keseluruhan. Dan cacatnya pun mudah terlihat karena abaya hampir tidak bisa diakali dengan penggunaan luaran.

Harus diperbaiki dulu sebelum dikenakan lagi. Maka jika Anda bukan termasuk pengguna abaya yang anggun, ada baiknya memilih abaya polos saja atau yang hiasannya berupa motif cetak.

2. Perhatikan kebersihan abaya sebelum dikenakan

Hampir sama dengan poin pertama, abaya yang kotor dan atau memiliki noda akan menurunkan nilai estetika abaya. Noda akan mudah terlihat pada kain abaya yang cenderung polos dan tanpa lipatan. Selain itu, ketidakbersihan menjadi sesuatu yang berlawanan dengan konsep busana Muslim yang sedianya harus bersih.

3. Noda pada bagian bawah abaya

Karena panjangnya abaya bisa sampai menyapu lantai, maka jenis bahan dan warna abaya perlu diperhatikan dan disesuaikan dengan peruntukkannya. Jika abaya digunakan untuk mengunjungi tempat yang relatif bersih, maka abaya yang terbuat dari bahan organik (cenderung mudah kotor) dan warnanya terang masih aman digunakan.

Jika tidak dapat menjamin seberapa bersih tempat yang akan dikunjungi, abaya warna gelap serta terbuat dari bahan anti kotor / mudah dibersihkan menjadi pilihan terbaik.

4. Cuci abaya menggunakan tangan

Kembali lagi ke poin pertama, tentu abaya yang memiliki hiasan sebaiknya dicuci menggunakan tangan. Hal ini penting untuk menjaga agar abaya tetap cantik dan awet. Jika Anda malas mencuci tangan, serahkan ke jasa laundry yang terpercaya. 

5. Jauhkan dari sinar matahari langsung saat dijemur

Abaya memiliki area kain yang cukup luas. Jika membiarkan sebagian kainnya terpapar matahari langsung saat proses pengeringan, dikhawatirkan warna abaya menjadi belang atau pudar sebagian. 

6. Abaya harus bebas garis lipatan

Jangan biasakan menyimpan abaya dalam posisi terlipat. Terutama jika abaya terbuat dari material yang tidak antikusut. Garis lipatan akan membuat tampilan abaya tidak sedap dipandang. Tapi urusan menyetrika abaya juga PR besar, mengingat ukuran kainnya yang luas.

Itu sebabnya kebanyakan pengguna lama akhirnya lebih sering memilih abaya yang terbuat dari bahan antikusut. Super praktis!

7. Sesuaikan panjang abaya dengan tinggi badan

Oke, oversized abaya sedang menjadi tren. Akan tetapi, pemakainya tetap harus realistis. Pastikan panjang abaya tidak sampai berlebihan panjangnya. Selain abaya jadi mudah kotor dan rusak karena terinjak-injak, ada risiko kecelakaan juga karena terserimpat.

Coba kenakan abaya sambil memakai alas kaki yang biasanya Anda gunakan. Jika sepatunya memiliki bagian sol yang cukup tinggi, abaya yang kepanjangan tidak jadi masalah. Jika dirasa masih kepanjangan, Anda bisa menggunakan jasa pemotongan abaya.

Penulis : Alam Mary
Editor: Supriyanto
Berita Terkait