3 Alasan Seseorang Ketagihan Tontonan Horor

Alam Mary | 20 April 2024 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Film horor hampir selalu jadi box office saat tayang di bioskop. Pun ketika masuk ke layanan streaming video, tontonan horor selalu ditunggu-tunggu tanggal rilisnya. Menjadi satu pertanyaan, kenapa sih banyak orang suka banget menonton horor?

Kalau mau menggunakan bahasa gurauan, "Kayak hidup masih kurang susah saja, masih juga ditambah-tambah tontonan yang menyusahkan," hehehe.

Makin penasaran, kan tentang kenapa seseorang suka bahkan ketagihan tontonan horor? Melansir Ascend, berikut ini 3 alasan utamanya yang dijamin akan membuat Anda geleng-geleng kepala.

1. Sebagai sarana stimulasi

Paparan adegan-adegan menakutkan, menegangkan, penuh misteri, dan lain-lain, seperti menjadi sebuah stimulasi, secara mental dan fisik, andai kejadian serupa kejadian betulan di kehidupan nyata.

Setidaknya menjadi pengetahuan tentang bagaimana dan harus melakukan apa jika dihadapkan masalah yang sama. Karena tontonan horor akan membagikan secara lengkap tips dan trik agar selamat dari sebuah kejadian menakutkan. Misalnya, kalau betulan bertemu pembunuh berantai atau hantu pocong di tengah jalan, jadi tahu harus bertindak seperti apa, bukan? 

2. Merasakan sensasi berada di dunia fiksi

Kebanyakan orang sering berandai-andai bisa menjalani suatu kehidupan yang berbeda dari realita. Menonton horor, tentu paling jauh berbeda dengan kehidupan nyata jika dibanding dengan menonton drama percintaan atau drama keluarga.

Misalnya, pertemuan dengan zombie, merasakan alam kubur, atau tentang menjadi korban penculikan seorang psikopat, itu terlalu jauh dari nyata bukan? Dengan menonton horor, seseorang jadi berkesempatan berpura-pura menjadi pemeran utamanya yang merasakan semua kengerian namun tetap berjuang demi hidupnya.

3. Memuaskan rasa penarasan akan sisi gelap manusia

Hampir pasti dalam sebuah tontonan horor, ada karakter antagonis dengan segala latar belakangnya yang kelam. Seorang psikopat pemakan manusia, hantu penasaran yang ingin balas dendam, atau badut pembunuh yang dipenuhi rasa sakit hati.

Dengan mengetahui hal-hal yang melatarbelakangi sebuah aksi kekejaman, penonton jadi bisa sedikit melihat sisi gelap hati manusia yang tentu saja, cukup sulit terbaca dalam kehidupan nyata.

Penulis : Alam Mary
Editor: Supriyanto
Berita Terkait