Motul Hingga Prenagen, Deretan Peraih Brand Choice Award 2024

Indra Kurniawan | 1 Juni 2024 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kemajuan dalam aktivitas belanja online di tengah masyarakat telah mendorong konsumen untuk menjadi lebih teliti dalam membaca ulasan dan penilaian suatu merek sebelum membuat keputusan. 

Selain ulasan dan penilaian, pilihan konsumen juga dipengaruhi oleh berbagai faktor lain, seperti kebutuhan berdasarkan usia. Susilowati Ningsih, CEO Infobrand.ID mengungkapkan, sekarang ini Generasi Z menjadi pasar yang sangat besar sehingga para brand perlu mempertimbangkannya untuk menghadirkan produk atau layanan yang menyasar kepada Generasi Z.

“Fakta ini tentunya harus menjadi pertimbangan penting bagi para pelaku brand dan bisnis dalam menghadirkan produk dengan potensi bisnis yang besar, serta dalam memenuhi kebutuhan dan perilaku pasar, sehingga brand yang dimiliki tetap menjadi pilihan utama para konsumen,” jelas Susi dalam Award Ceremony Brand Choice Award 2024 di Hotel JW Marriot, Jakarta Selatan, baru-baru ini. 

Tahun ini Infobrand.ID kembali menggandeng Tras N Co Indonesia untuk menghelat Brand Choice Award 2024. Ajang penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dan pengakuan bergengsi kepada brand-brand nasional dan internasional yang memasarkan produknya melalui marketplace di Indonesia dan telah berhasil menjadi brand pilihan konsumen.

“Ini penyelenggaraan Brand Choice Award ke-12. Kami percaya, para penerima penghargaan adalah brand yang cerdas dan terus mengoptimalkan strategi mereka di platform marketplace untuk memastikan brand tetap relevan dan kompetitif di pasar digital yang terus berkembang,” ujar Susi.

Sementara itu, Tri Raharjo, CEO Tras N Co Indonesia & Chairman Indonesia Brand Community (IBC) menyatakan, di tengah dunia e-commerce yang dinamis, menjadi brand pilihan konsumen adalah suatu pencapaian yang perlu diperjuangkan. Dengan kombinasi strategi yang tepat, perhatian pada kualitas, dan komitmen untuk memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen.

“Oleh karena itu, kami menyelenggarakan riset Brand Choice Index 2024 untuk melihat tingkat keterpilihan brand oleh konsumen di ranah digital melalui Digital Brand Awareness Aspect, Digital Consumer Reviews & Rating Aspect, dan Digital Consumer Choice Aspect,” jelasnya.

Seperti penyelenggaraan sebelumnya, pemenang penghargaan ini dipilih menggunakan tiga parameter penilaian digital, seperti Digital Brand Awareness Aspect, Digital Consumer Choice Aspect, dan Digital Consumer Reviews & Rating Aspect. 

Selain itu, berdasarkan hasil riset brand choice untuk fase 1 tersebut Tras N Co Indonesia mencatat, terdapat 10 kategori dengan transaksi terbanyak melalui official store di dua marketplace teratas di Indonesia. 

Berikut brand-brand yang berhasil meraih brand choice award tahun ini: Motul (Oli Mobil & Oli Motor), Flusso (Kran Air & Kran Double), Lactacyd Baby & Lactacyd (Baby Bath & Feminine Care), Coolvita (Multivitamin), Brasov (Nail Polish & Nail Polish Remover), Promag (Obat Maag), Moell (Hair Lotion), Finega (Cuka Apel), Pink Rabbit Lens (Softlens), LG (AC), Cyprus (Wajan Anti-lengket), Gently (Baby Cream), Gerry Butter Cookies (Butter Cookies), Chocolatos (Minuman Cokelat Kemasan & Wafer Stick), Gery Saluut (Wafer & Malkist), Mamabear (Pelancar Asi), Hansaplast (Plester Luka), Enervon Active (Vitamin B Kompleks), Prenagen (Susu Ibu Hamil dan Menyusui), Timur Tengah (Kurma), dan Penyu (Kran Air), Morinaga Soya (Susu Formula Soya), Sugar Baby (Bouncer), dan lainnya.

Pada kesempatan ini, Infobrand.ID & Indonesia Brand Community IBC) juga menggelar Infobrand Forum 2024 dengan tema Understanding Gen Z Consumer Behavior yang dibawakan oleh Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc pakar perilaku konsumen dari Sekolah Bisnis, IPB University sekaligus President AACIM (Asian Association for Consumer Interest and Marketing).

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait